HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

MRP akan meminta bupati/wali kota di Papua menjelaskan penggunaan Dana Otsus  

Ketua Majelis Rakyat Papua, Timotius Murib – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Majelis Rakyat Papua atau MRP berencana mengundang bupati dan wali kota se-provinsi Papua untuk meminta penjelasan terkait penggunaan Dana Otonomi Khusus Papua. MRP akan mengundang 29 kepala daerah itu sebelum 50 anggota MRP melakukan kunjungan kerja ke wilayah pemilihan atau perutusan masing-masing.

Hal itu disampaikan Ketua MRP, Timotius Murib kepada jurnalis Jubi di kota Jayapura Selasa (25/6/2019) pekan lalu di Jayapura, Papua. Murib menyatakan rencana itu sesuai dengan amanat Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Nomor 13 tahun 2016 tentang Perubahan atas Perdasus Provinsi Papua Nomor 25 Tahun 2013 Tentang Pembagian Penerimaan dan Pengelolaan Keuangan Dana Otonomi Khusus (Perdasus Dana Otsus Papua).

Murib menyatakan Perdasus Dana Otsus Papua itu telah mengatur penerimaan dan pembagian Dana Otsus Papua kepada pemerintah kabupaten/kota di Papua. Perdasus itu juga mengatur laporan pertanggungjawaban penggunaan Dana Otsus Papua oleh pemerintah kabupaten/kota kepada Gubernur, Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) dan MRP.

“Sampai hari ini, para bupati dan wali kota belum menyampaikan pelaksanaan dana otonomi khusus ke MRP, sesuai ketentuan Perdasus Dana Otsus Papua itu. Selama ini, MRP belum pernah mengudang para bupati dan wali kota dalam rangka meminta penjelasan pengunaan Dana Otsus Papua,” kata Murib.

Loading...
;

MRP akan meminta para bupati/wali kota di Papua mempresentasikan program kerja dan penggunaan Dana Otsus Papua bagi orang asli Papua. MRP akan melihat apa saja yang berhasil dikerjakan para kepala daerah dengan Dana Otsus Papua itu, terutama dalam bidang-bidang yang penting bagi kehidupan orang asli Papua.

“Karena [Dana Otsus Papua] ini diperuntukan [khusus] untuk orang asli Papua, MRP punya kewajiban mempertanyakan apa saja sudah dikerjakan di empat bidang itu. Keempat bidang itu adalah pendidikan, kesehatan, perekonomian, dan infrastruktur,”ungkapnya.

Murib menyatakan pemanggilan para bupati/wali kota itu bukan disebabkan MRP meragukan kerja para kepala daerah. Ia menegaskan MRP hanya ingin memastikan pemanfaatan Dana Otsus Papua itu langsung ditujukan kepada orang asli Papua.

“Kami mengakui para bupati melakukan banyak hal. Akan tetapi, [kami ingin mengetahui bentuk] proteksi kepada orang Papua, dan berapa persen [manfaat Dana Otsus Papua] bagi orang asli Papua,”ungkap dia.

Paparan para bupati dan wali kota di Papua itu akan menjadi bahan informasi para anggota MRP untuk melakukan kunjungan kerja ke seluruh kabupaten/kota di Papua.  MRP akan melihat apakah pemanfaatan Dana Otsus Papua benar-benar menyetuh kehidupan orang asli Papua, atau hanya cerita yang berkembang di kalangan orang asli Papua.  “[Dari kunjungan kerja itu] akan terlihat, [apakah fakta di lapangan] sesuai [dengan paparan para bupati/wali kota], atau berbeda dengan yang dibicarakan,”ungkapnya.

Sekretaris Dewan Adat Lapago, Engelbertus Sorabut, mengatakan pihaknya terheran-heran dengan rencana MRP untuk mengundang para bupati/wali kota di Papua itu. Apalagi, alasan MRP mengundang mereka karena MRP belum pernah menerima laporan penggunaan Dana Otsus Papua.

“Kalau [selama Otsus Papua bergulir] tidak pernah ada laporan, [sekarang] tinggal [menunggu] waktu {Dana] Otsus Papua mau berakhir, lalu MRP mau minta laporan itu? Mengapa?” Sorabut mempertanyakan.

Sorabut juga mempertanyakan mengapa para bupati/wali kota di Papua tidak pernah melaporkan penggunaan Dana Otsus Papua kepada MRP. “Kami masyarakat adat [hanya] bisa curiga saja. Mereka tidak menggunakan Dana Otsus Papua itu dengan baik, sehingga [para bupati/wali kota itu] tidak melaporkan penggunaannya kepada MRP,”ungkap Sorabut. (*)

 

Editor: Aryo Wisanggeni G  

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top