HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

MRP akan susun Perda, atur aktivitas tambang emas di Yahukimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi- Persoalan tambang emas di Kabupaten Yahukimo masih jadi PR yang harus diselesaikan oleh pihak DPRD Yahukimo dan Bupati. Agar tidak mendatangkan masalah pelik sebagaimana yang terjadi di lubang tambang yang dikeruk PT. Freport Indonesia.

Majelis perwakilan rakyat (MRP) Papua dari Pokja perempuan perwakilan Lapago, Sara Ita Wahla mengatakan pihaknya akan menyusun Peraturan Daerah terkait aktivitas tambang emas di Yahukimo.

“Yang perlu diutamakan adalah masyarakat pemilik ulayat yang kelola. Termasuk emas yang dijual dijual ke kota Kabupaten Yahukimo atau kepada orang non Papua. Aturannya alur penjual emasnya nanti akan dibuat,” kata Wahla.

Tim panitia khusus (Pansus) bersama MRP akan membahasnya. Intinya, Perda ini bertujuan melindungi hak adat dan prioritas pengelolaan bagi orang asli Papua atau pemilik ulayat setempat bersama dengan masyarakat Yahukimo dari 7 suku.

Loading...
;

Jika sudah disahkan, katanya, aturan tersebut akan di pasang di setiap titik jalan masuk tempat pendulangan emas. Termasuk di bandara.

Salah satu warga pemilik hak ulayat Una-Ukam Sakeus Keroman mengakui pihaknya memang belum siap dalam mengelola kekayaan alam. Tetapi pada saat bersamaan, orang dan pihak luar sudah mulai menggambil emas di sana, tanpa ijin yang jelas.

Menurutnya, acap kali warga setempat memblokade (palang) dan menahan truk pengangkut bahan makanan yang akan masuk ke areal tambang. Tapi cara itu tak berhasil bahan makanan dan orang-orang yang hendak menambang sekarang di angkut pakai helikopter.

“ Bagaimana mau tutup (tambang) di sana, itu pemilik perusahaan adalah pejabat Kabupaten Yahukimo. Yang kami butuhkan adalah pemberdayaan untuk mengelola hasil sumber daya alam kami” kata Keroman.(*)

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top