Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

MRP ingatkan lagi OAP jangan gampang lego tanah

Diskusi Majelis Rakyat Papua (MRP) dengan Orang Asli Papua (OAP), Merauke, Jumat (13/12/2019) – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Majelis Rakyat Papua (MRP) mengelar diskusi bersama masyarakat Orang Asli Papua (OAP) di Aula Noken Sai Hotel Asmat,  Jumat (13/12/2019). Diskusi membedah visi dan misi MRP mengenai penyelamatan manusia Papua dan tanahnya.

“Berdasarakan filosofi dan rekomendasi Perserikatan Bangsaa Bangsa (PBB), salah satu hak dasar OAP ialah (kepemilikan) tanah. Saat ini, kepemilikan tanah sudah tidak terkontrol karena mudah berpindah tangan kepada pihak lain dengan berbagai alasan,” kata Ketua MRP Timotius Murib, seusai diskusi.

Murib tampil bersama anggota MRP John Wob, dan Albert Mouywen sebagai pembicara. Hadir pula Asisten III Pemerintah Kabupaten Merauke Anakletus Mambol pada diskusi itu. Ada juga pengurus Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Merauke, organisasi perempuan, pemuda, tokoh masyarakat, dan warga umum.

Diskusi juga membahas persoalan sosial lain yang dialami OAP. Semisal, kebiasaan mengonsumsi minuman keras dan gelandangan anak-anak.

“Diskusi untuk memberi pemahaman kepada OAP agar tetap menjaga tanahnya. Jika tanah terus dijual, otomatis anak-cucu (mereka) akan menjadi korban,” jelas Mouywen. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top