HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

MRP prihatin banyak kepala daerah salah memilih dan menempatkan pejabat

Ketua Majelis Rakyat Papua, Timotius Murib – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi  Majelis Rakyat Papua atau MRP prihatin banyak kepala daerah salah memilih dan menempatkan pejabat organisasi perangkat daerah atau OPD. Akibatnya banyak pejanat OPD di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi kerakyatan, dan infrastruktur ditempati oleh orang yang tidak berkompeten.

Hal itu dinyatakan Ketua MRP, Timotius Murib di Jayapura, Papua, Sabtu (10/08/2019). Ia menilai kesalahan memilih dan menempatkan pejabat itu membuat kualitas pelayanan kesehatan, pendidikan, ekonomi kerakyatan, dan infrastruktur di Papua buruk.

Murib mencontohkan, pelayanan kesehatan di Papua berhadapan dengan kendala seperti keterbatasan jumlah sumber daya manusia, keterbatasan fasilitas, dan jangkauan wilayah yang sulit. Kendala itu akhirnya diperparah banyaknya kesalahan dalam memilih dan menempatkan pejabat dan pengambil kebijakan di bidang kesehatan.

“Jabatan-jabatan teknis ditempatkan orang-orang yang bukan profesinya [dan bukan keahliannya] juga menjadi hambatan. Korbannya masyarakat kita,”ungkap Murib.

Loading...
;

Pada Senin (12/7/2019) Murib bersama enam anggota MRP akan memulai kunjungan daerah ke enam kabupaten di lima wilayah adat Papua. Murib menyatakan ia akan membicarakan kesalahan pemilihan dan penempatan para pejabat OPD kabupaten itu dengan para bupati.

“Kami akan sampaikan kepada kepala daerah daerah, supaya memilih dan menempatkan kepala dinas pendidikan dan kesehatan dengan orang berlatar belakang [keilmuan] pendidikan dan kesehatan. Hari ini kami sangat khawatir dengan salah penempatan orang di kabupaten itu,” ungkapnya.

Helena Huby, anggota Kelompok Kerja Agama MRP, menilai kadang ada oknum pekerja kesehatan melayani pasien  dengan motifasi mencari keuntungan, melebihi keterpanggilannya untuk menyelamatkan nyawa. Huby juga menilai situasi itu terjadi karena banyak kesalahan dalam memilih dan menempatkan sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Huby pun meminta pemilihan dan penempatan pejabat maupun staf OPD dilakukan dengan pertimbangan kompetensi dan profesionalitas kandidat, dan tidak dasarkan kepada kepentingan politik. “Kita yang melihat menjadi sedih. Kita harap kepala daerah bisa mengatasi situasi ini,”ungkapnya dalam rapat persiapan kunjungan anggota MRP ke enam kabupaten di lima wilayah adat Papua. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top