Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Musrenbang kabupaten usulkan 425 program dan 1406 kegiatan di 2020

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat menyampaikan sambutan pada Musrenbang Kabupaten Jayapura 2019 – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Jayapura dan pembahasan Rencana Kegiatan Pembangunan Daearah (RKPD) tahun 2020 yang dilaksanakan selama tiga hari, 10-12 April 2019, memutuskan 425 program dan 1.406 kegiatan yang terdiri dari APBD kabupaten sebanyak 347 program  dan 1.282 kegiatan, APBD Provinsi Papua 38 program dan 61 kegiatan, serta APBN 40 program dan 63 kegiatan.

Sementara rekapitulasi hasil Musrenbang Kabupaten Jayapura 2019 dari sejumlah usulan yang disampaikan terdiri dari usulan distrik sebanyak 813 dan yang diakomodir sebanyak 212 usulan. Jumlah pokok pikiran DPR Kabupaten Jayapura 206 pokok pikiran dan yang diakomodir sebanyak 85. Usulan program rencana kegiatan perangkat daerah sebanyak 347 dan semuanya diakomodir. Usulan kegiatan rencana kegiatan perangkat daerah sebanyak 1.294 dan yang diakomodir sebanyak 1.282.

Sambutan Bupati Jayapura yang dibacakan oleh Asisten III Setda Kabupaten Jayapura, Timoteus Demetouw, mengatakan bahwa musrenbang yang telah dilaksanakan selama tiga hari ini telah kita sepakati berbagai program dan kegiatan prioritas RKPD Kabupaten Jayapura 2020 yang selanjutnya akan menjadi rujukan dalam penyususnan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) 2020.

Dikatakan, mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki, tidak semua usulan program dan kegiatan masing-masing distrik dan pokok pikiran DPRD diakomodir.

“Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian adalah kegiatan dan program dalam pelaksanaannya harus mengikuti ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Memperhatiakan isu-isu yang terjadi, adanya kepastian bahwa program kegiatan harus benar-benar dalam rangka mencapai target capaian indikator kinerja  dan sasaran RPJMD yang tidak hanya fisik saja tetapi harus memperhatian fungsi lainnya,” jelas Timoteus, di Sentani, Jumat (12/4/2019).

Sementara itu, Plt Bapeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota, mengatakan hasil dari musrenbang kali ini, dimana setiap usulan, baik APBD Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, dan APBN akan dilihat mana belanja yang menjadi prioritas Kabupaten Jayapura yang akan dibiayai sesuai peruntukannya.

Loading...
;

“Program prioritas yang dapat dibiayai oleh APBD kabupaten dan sesuai dengan RPJMD yang dijadikan dalam RKPD 2020 yang akan kami usulkan kepada dewan melalui kebijakan umum anggaran selanjutnya akan menjadi rencana pembangunan daerah. Setiap tahun pastinya ada perubahan dan menjadi target di masing-masing OPD yang kita miliki. Usulan yang terbanyak dari masing-masing kampung adalah infrastruktur dan ekonomi,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top