HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Musrenbang tingkat Kota Jayapura hasilkan 1428 usulan

Penandatanganan berita hasil Musrenbang tingkat Kota Jayapura 2019 – Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2019 dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Jayapura 2020, yang diikuti tingkat distrik, kelurahan, kampung dan organisasi kemasyarakatan.

Kepala Bappeda Kota Jayapura, Rory Coni Huwae di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (22/3/19) mengatakan, pembahasan Musrenbang tingkat kota dibagi menjadi empat bidang, yaitu sarana dan prasarana,sosial budaya,ekonomi, dan pemerintahan.

Huwae merincikan, bidang sarana dan prasarana sebelum pembahasan sebanyak 680 usulan dengan perkiraan jumlah dana sebesar Rp472 Miliar lebih. Setelah pembahasan menjadi 618 usulan dengan jumlah dana Rp428 Miliar lebih. Sedangkan bidang sosial budaya sebelum pembahasan sebanyak 374 usulan dengan perkiraan jumlah dana sebesar Rp446, setelah pembahasan menjadi 381 usulan dengan jumlah dana Rp335 Miliar lebih.

Lalu, bidang ekonomi sebelum pembahasan sebanyak 384 usulan kegiatan dengan perkiraan jumlah dana sebesar Rp184 miliar lebih. Setelah pembahasan pembahasan menjadi 207 usulan kegiatan dengan jumlah dana Rp108 miliar lebih. Sedangkan untuk bidang pemerintahan umum sebelum pembahasan sebanyak 268 usulan kegiatan dengan perkiraan dana Rp131 Miliar lebih dan setelah pembahasan menjadi 160 usulan dengan jumlah dana Rp99 Miliar lebih.

“Sehingga total usulan sebelum pembahasan sebanyak 1891 usulan kegiatan dengan jumlah sana Rp1 Triliun lebih dan yang terangkum setelah pembahasan menjadi sebanyak 1428 usulan kegiatan dengan perkiraan dana Rp972 Miliar lebih,” kata Huwae.

Loading...
;

Dijelaskan Huwae, adanya usulan distrik yang tidak terakomodir karena program atau kegiatan dapat dilaksanakan di tingkat kelurahan dan distrik melalui dana pemberdayaan distrik dan dana DP2K, usulan telah diprogramkan untuk dikerjakan 2019 ini, dan usulan tersebut belum lengkap dan pendukungnya dan belum merupakan kegiatan yang prioritas.

Menurut Huwae, Musrenbang sebagai sinkronisasi program prioritas untuk disandingkan dengan program tingkat kelurahan, distrik dan kampung serta hasil reses DPRD Kota Jayapura dan tersusunnya dokumen program dan kegiatan untuk menjadi hasil rujukan di Musrenbang tingkat provinsi dan nasional.

“Tujuan Musrenbang ini untuk mengkaji dan menyusun program kegiatan strategis sesuai visi dan misi serta menyatukan visi dan misi bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, pemerintah tingkat distrik, kelurahan dan kampung harus membuat program berdasarkan kebutuhan masyarakat dan memperhatikan kebutuhan anggaran sehingga prgram tidak tumpang tindih dan tidak terlaksana dengan baik.

“Jangan buat program yang aneh-aneh. Mending buat program 5 tapi selesai semua dari pada buat 100 program tapi hanya satu yang terlaksana. Saya minta fokus pada program prioritas seperti penanganan banjir dan longsor, pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan,” jelasnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top