Nasib dua caleg akan ditentukan dalam pembahasan Gakkumdu

Nasib dua caleg akan ditentukan dalam pembahasan Gakkumdu

Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merauke, Benedikus Tukidjo – Jubi/Frans L Kobu

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten Merauke, Benedikus Tukidjo mengatakan, nasib dua calon legislatif (caleg) DPRD Merauke yakni Barman Pasaribu, Partai Demokrat dan Laode Kaana, Partai Hanura akan ditentukan  sore kemarin dalam rapat Gakkumdu  melibatkan kejaksaan serta kepolisain.

Demikian disampaikan Tukidjo kepada sejumlah wartawan Jumat 24/5/2019).  “Ya, nantinya akan kita bahas bersama sore ini sekaligus memastikan apakah kasus dugaan money politic oleh dua caleg tersebut menjelang pemilu 17 April 2019 lalu, dapat ditingkatkan ke penyidikan atau tidak,” katanya.

Nasib kedua caleg tersebut masih harus dibahas terlebih dahulu dengan mendengar pendapat baik dari polisi maupun jaksa.

Menyangkut 19 laporan dari masyarakat yang masuk di Bawaslu, Tukidjo mengaku, tak bisa dilanjutkan. Karena selain sudah kedaluwarsa, juga tak memenuhi syarat formil dan materil.

“Memang ada yang kita mintai klarifikasi. Hanya saja mereka tak mengenal orang  bersangkutan yang katanya adalah tim sukses tertentu. Bagaimana bisa ditindaklanjuti, kalau orang yang memberikan uang tak dikenal,” katanya.

Dikatakan, sejumlah laporan dari Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Merauke juga tak bisa diproses. “Kami akan sampaikan secara langsung agar mereka juga memahami,” ujarnya.

Anggota Bawaslu lain, Agustinus Mahuze membenarkan juga kalau dua orang caleg tersebut, akan dibahas bersama Gakkumdu  sekaligus ditentukan.

“Ya, kita lihat nanti setelah pertemuan sore ini dilangsungkan bersama kepolisian serta kejaksaan,” katanya. (*)

Editor      : Angela Flassy

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)