Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Nauru lawan UU Australia mengenai evakuasi medis pencari suaka

Kompleks pemukiman Nibok, Nauru. – Australian Broadcasting Corporation/AP/Jason Oxenham

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Yaren, Jubi – Kabinet Pemerintah Nauru bersepakat memberlakukan peraturan baru yang mengharuskan semua evakuasi medis ke luar negeri, disetujui oleh Kementerian Kesehatan dan sebuah komite baru yang akan dibentuk.

“Orang-orang yang sangat memerlukan evakuasi medis ke Australia dari Nauru sekarang ditahan,” kata pengacara George Newhouse. “ini adalah cara yang sangat kasar untuk menghalangi undang-undang yang baru diresmikan oleh Parlemen Australia minggu lalu.”

Keputusan itu diperkenalkan 72 jam, sejak Parlemen Australia mengesahkan RUU untuk membantu para pengungsi atau pencari suaka dari Nauru, agar bisa datang ke Australia untuk menerima perawatan kesehatan yang baik.

Di bawah UU Australia baru yang belum mulai berlaku, dua dokter berbeda harus memeriksa pasien tersebut di Pulau Nauru atau Pulau Manus di PNG, dan membenarkan pasien itu memerlukan perawatan atau penilaian medis lebih lanjut.

Loading...
;

Dengan memutuskan pelarangan ini, Nauru meningkatkan prospek perselisihan antara Parlemen Australia dan negara Pasifik kecil itu.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison berkata, “Masih belum jelas apa yang sedang mereka lakukan dan bagaimana larangan itu akan terjadi.”

Satu hal lagi yang belum pasti adalah apakah pasien yang dinyatakan memerlukan evakuasi, diterbangkan keluar dari Nauru dan akan dibawa ke Australia atau ke tempat lain.

Di bawah aturan yang baru itu, semua evakuasi dari Nauru karena alasan perawatan medis, harus diproses melalui komite yang baru: Overseas Medical Referrals Compliance Committee. Selain itu, satu penyedia layanan kesehatan yang berbasis di Nauru juga harus mendukung bahwa ‘keahlian tambahan atau sumber daya yang berbeda akan diperlukan’.

Pemerintah Australia meyakinkan Nauru bahwa para pengungsi dan pencari suaka yang dipindahkan ke luar dari negara itu, akan dikirim ke Pulau Christmas. Kecuali mereka benar-benar memerlukan perawatan kesehatan yang lebih tinggi tingkatnya.

ABC telah meminta tanggapan dari perusahaan hubungan masyarakat asal Australia, Mercer PR. Saat merujuk pertanyaan ke Pemerintah Nauru, ABC diarahkan untuk menghubungi ke perusahaan PR tersebut. (Australian Broadcasting Corporation)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top