Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Nelayan asli Papua meminta tempat berjualan tersendiri di Pasar Hamadi dan TPI

Anggota DPR Papua, John NR Gobai (kiri) saat bertemu nelayan asli Papua di Dok IX, Kota Jayapura – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Nelayan asli Papua di Kota Jayapura, Papua, meminta  tempat tersendiri untuk menjual ikan hasil tangkapan mereka di Tempat Pelelangan Ikan Hamadi dan Pasar Hamadi, Kota Jayapura. Hal itu disampaikan anggota komisi bidang ekonomi, kelautan dan perikanan Dewan Perwakilan Rakyat Papua, John NR Gobai di Jayapura, Senin (10/6/2019).

Gobai menyatakan para nelayan asli Papua yang bermukim di Dok IX Kota Jayapura meminta tempat berjualan tersendiri dalam pertemuan dengannya di Jayapura pada 7 Juni 2019. Nelayan asli Papua merasa tidak leluasa berjualan di Pasar Hamadi dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hamadi karena area tersebut didominasi nelayan non-Papua.

“Permintaan itu berkaitan dengan kecukupan fasilitas pendingin ikan bagi para nelayan. Permintaan itu juga berkaitan dengan kecukupan kuota bahan bakar minyak atau BBM bagi para nelayan di TPI,” kata John Gobai.

Gobai meminta Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura segera mengambil langkah dan mencari solusi atas permintaan para nelayan asli Papua tersebut. Gobai menyatakan memenuhi keinginan nelayan asli Papua itu penting agar mereka dapat hidup dari manfaat lautnya.

Loading...
;

Ketua Asosiasi Nelayan Asli Papua (ANAP), Yowel Ayomi mengatakan nelayan asli Papua menghadapi  berbagai kendala untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Selain tidak memiliki tempat berjualan ikan tersendiri, para nelayan asli Papua juga kekurangan alat tangkap yang memadai.

“Para nelayan asli Papua tidak memiliki alat tangkap modern. Perlindungan dari pemerintah juga minim,” kata Yowel Ayomi kepada Jubi belum lama ini. Di Kota Jayapura menurutnya, tercatat sebanyak 4.415 nelayan dan hanya 870 orang yang merupakan nelayan asli Papua. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top