Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

NTT alami kekeringan ekstrem

Ilustrasi kekeringan, pixabay.com

Kondisi yang terjadi di NTT itu sebagai kekeringan meteorologis terpanjang

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Kupang, Jubi – Sebanyak 41 wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dilaporkan mengalami kekeringan ekstrem atau lebih dari 60 hari. “Wilayah-wilayah itu, tersebar di 13 kabupaten dan kota,” kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kupang, Apolinaris Geru, Jumat, (2/8/2019).

Baca juga : Puluhan hektare sawah di Kabupaten Agam terancam kekeringan

Sejumlah kawasan di daerah ini terancam kekeringan

Loading...
;

BNPB Programkan Desa Tangguh Hadapi Kekeringan di NTT

Terkait hasil monitoring hari tanpa hujan (HTH) berturut-turut dasarian III Juli 2019 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunjukan NTT pada umumnya mengalami hari tanpa hujan dengan kategori sangat panjang 30 hingga 60 hari hingga kategori kekeringan ekstrem  lebih 60 hari.

“Beberapa wilayah yang sudah mengalami hari tanpa hujan dengan kategori kekeringan ekstrem di Kabupaten Belu meliputi wilayah sekitar Umarese, Atambua, Fatubenao, Fatukmetan dan Fatulotu,” kata Geru menjelaskan.

Selain daerah itu ia menyebutkan Kabupaten Negekeo, sekitar wilayah Danga dan Rendu, Kabupaten Ende sekitar wilayah Nanganio, Kabupaten Sikka sekitar wilayah Maumere dan Magepanda, Kabupaten Flores Timur sekitar Larantuka dan Konga juga mengalami kekeringan ekstrem.

Geru menyebut kondisi yang terjadi di NTT itu sebagai kekeringan meteorologis terpanjang yang melanda tiga kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT). “Meliputi Sumba Timur, Lembata dan Kabupaten Belu di wilayah yang berbatasan dengan negara Timor Leste,” katanya.

Dia mengatakan Kabupaten Sumba Timur di wilayah sekitar Rambangaru merupakan wilayah yang mengalami hari tanpa hujan terpanjang yakni 137 hari. Sedangkan Wairiang di Kabupaten Lembata mengalami hari tanpa hujan 126 hari dan Umarese di Kabupaten Belu mengalami hari tanpa hujan 105 hari. (*)

Editor : Edi Faisol

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top