Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

OAP Sentani berjualan di lokasi tidak layak

Pedagang asli Papua berjualan di trotoar jalan raya di Sentani, Kabupaten Jayapura – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah dinilai belum memperhatikan kesejahteraan pedagang dari Orang Asli Papua (OAP) di Sentani, Kabupaten Jayapura. Mereka terpaksa kembali menggelar lapak seadanya di lokasi  eks pasar lama Sentani lantaran Pasar Pharaa jauh dari tempat tingal mereka.

“Pedagang asli (OAP) seperti diabaikan (keberadaannya). Mereka yang dipindahkan ke Pasar Phaara juga tidak mendapat los yang layak seperti pedagang lain,” kata Ketua Forum Kota (Forkot) Sentani Deniks Felle, Senin ( 11/11/2019).

Felle mendesak Bupati Jayapura lebih tegas dalam mengawasi kinerja anak buahnya. Pengawasan harus dilakukan hingga ke level pelaksana teknis lapangan untuk memastikan bahwa semua jajaran melayani masyarakat dengan adil.

Dia menambahkan pedagang OAP berkontribusi besar dalam menyediakan kebutuhan pangan untuk masyarakat. Mereka menyediakan ikan air tawar, sagu, umbi-umbian, dan sayur-mayur serta bahan konsumsi utama lainnya.

Loading...
;

Karena itu, menurutnya pemerintah daerah harus serius memperhatikan kesejahteraan pedagang asli papua. “Kalau (barang dagangan) diletakkan (dihamparkan) di bawah, terlihat kurang baik. Itu dekat saluran pembuangan (parit) atau di trotoar bahkan berhimpitan dengan jalan raya.”

Seorang pedagang, Selina mengatakan Pasar Pharaa terlampau jauh dari rumahnya. Dia harus menumpang perahu cepat (speed boat), dan melanjutkan perjalanan dengan ojek sepeda motor untuk sampai ke Pasar Pharaa.  Itu sebabnya dia memilih tetap berjualan di lokasi eks pasar lama Sentani.

“Sekali jalan bisa habis Rp30 ribu. Itu belum untuk pulangnya. Syukur pas jualan laku,” kata Selina. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top