HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

ODHA diminta tak ganti ARV dengan obat lain

Geradus Ete dari ARV Community Support (ACS) ketika diwawancarai wartawan – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Indonesia Aids Coalition (IAC) bersama ARV Community Support (ACS) meminta kepada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) agar tidak tergiur dengan obat penganti ARV tanpa izin yang marak di Papua.

Geradus Ete dari ACS, mengatakan penggunaan obat lain selain ARV untuk  ODHA harus sesuai dan mendapat persetujuan dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Sejauh ini ARV merupakan obat paling tepat untuk mengendalikan perkembangan virus HIV.

“Meski belum dapat menumbuhkan, namun tetapi ARV ampuh dalam mengendalikan dan menekan perkembangbiakan virus HIV.  Sejauh ini obat yang beredar itu tidak ada izin sehingga kami minta kepada ODHA untuk tak mengkonsumsi obat selain ARV ,” katanya, beberapa hari lalu.

ACS juga meminta kepada pihak yang memanfaatkan kesempatan menjual produk obat tak berizin ini untuk tak memberi informasi yang sesat soal khasiat obat. Ini mengingat hingga kini obat untuk HIV belum ditemukan.

Loading...
;

“ODHA juga kami harap tidak tergiur langsung dengan produk yang dijual oleh para oknum yang mencari keuntungan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Jayapura, dr Samuel M Baso mengatakan untuk ARV telah terbukti kegunaan dan manfaatnya, diantaranya mengurangi risiko penularan HIV,  menghambat perburukan infeksi, meningkatkan kualitas hidup penderita HIV, dan menurunkan jumlah virus dalam darah sampai tidak terdeteksi.

“Jika pun ada obat di luar ARV, mungkin saja obatan itu hanya untuk menambah stamina saja bukan mengekang virus, yang terdapat dalam darah ODHA. IDI Kota Jayapura justru meminta, agar masyarakat Papua khususnya Kota Jayapura mendukung eliminasi HIV/AIDS di Papua pada 2030,” katanya, Jumat (19/7/2019). (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)