Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ones Suhuniap : Ketua Umum KNPB Ditangkap, aparat kepolisian stop kriminalisasi

Agus Kosay – Jubi/Zely Ariane

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Jayapura, Jubi – Juru Bicara Komite Nasional Papua Barat (KNPB),Ones Suhuniap membenarkan adanya penangkapan terhadap pimpinan Pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Agus Kossay di Sentani, Papua.

“Setelah ditangkap, Agus Kosay dibawa oleh polisi di Kantor Brimob Kota Raja untuk diperiksa. Dan agus ditetapkan sebagai tersangka dengan tuduhan makar dan penghasutan saat melaksanakan aksi demonstrasi menolak rasisme di Kota Jayapura,” katanya kepada Jubi melalui sambungan selulernya, Rabu (18/9/2019).

Agus Kosay ditangkap pada pada Selasa petang (18/9/2019), pukul 18.00 WIT oleh tim Direskrimum Polda Papua di depan SPBU Hawai, Sentani. “Saat ini lagi diperiksa di Mako Brimob Polda Papua,” katanya.

“Polisi Indonesia stop mengkriminalisasi aktivis Papua merdeka. Kami akan terus berjuang sampai Papua merdeka, dengan cara-cara yang bermartabat,” katanya.

Ones mengatakan, polisi jangan membungkam ruang demokrasi dengan menangkap aktivis Papua Merdeka. “Sebab kami KNPB tidak akan pernah mundur untuk melawan sistem kolonial Indonesia,” katanya.

Loading...
;

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja mengatakan, sebelum ditangkap Agus Kossay telah masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO.

Katanya, Agus Kossay ditangkap bersama seorang aktivis KNPB bernama Dony Itlay. Ketika itu Dony Itlay berboncengan sepeda motor dengan Agus Kossay.

“Proses penegakan hukum kasus demonstrasi ricuh di Jayapura masih terus kami kembangkan.Siapa pun dia, mesti mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Irjen Pol Rudolf Albert Rodja kepada wartawan. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top