OPD diberi waktu seminggu serahkan data aset

OPD diberi waktu seminggu serahkan data aset

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal – Jubi/Dok

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal memberikan waktu seminggu bagi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintahan Papua, untuk menyerahkan data-data aset yang valid.

“Seminggu ke depan, setiap OPD yang belum melaporkan aset kendaraan dinasnya segera dilaporkan. Aset ini bukan milik nenek moyang kita tapi ini milik negara. Jadi cepat laporkan, baru kita rasionalisasikan. Sehingga dapat diketahui secara benar kebutuhan aset sebenarnya,” kata Klemen Tinal, di Jayapura kemarin.

Berdasarkan data Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Papua (BPKAD), ujar ia, dari 52 OPD yang ada terdapat tujuh dinas yang belum melaporkan aset kendaraan dinas, yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Kesehatan, Biro Humas, Badan Pengembangan SDM, Biro Kesra, Badan Penanggulangan Bencana, dan Kesbangpol.

“Kami akan membentuk Satgas penanganan aset di lingkup pemprov Papua. Ketiga satgas tersebut antara lain, satgas penanganan aset bergerak, satgas penanganan aset tidak bergerak dan satgas penanganan administrasi aset,”

“Dengan demikian kita tertib secara administratif, neraca juga bagus. Sehingga ketika BPK pada saat melakukan audit, laporannya akan bagus karena asetnya nampak,” ujarnya.

Terkait aset, Wagub Papua Klemen Tinal juga menegur salah satu Kepala Bidang di DPR Papua yang menguasai enam kendaraan dinas.

“Maksudnya apa kamu punya kendaraan dinas banyak begitu, saya minta segera dikembalikan,” kata Tinal dengan nada tegas.

Koordinator Wilayah VIII KPK, Adlinsyah Malik Nasution mengimbau kepada pensiunan ASN dan mantan anggota DPRP untuk mengembalikan kendaraan dinas yang didapat saat masih aktif bertugas.

“Untuk membenahi aset-aset pemerintah daerah, KPK akan bantu sekaligus dorong semua proses agar bisa berjalan dengan baik,” kata Adlinsyah. (*)

Editor: Syam Terrajana

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)