OPD diminta sinergikan program perlindungan ibu dan anak

OPD diminta sinergikan program perlindungan ibu dan anak

Ketua TP PKK didampingi kepala sekolah dan sejumlah siswa SD Inpres Kemiri Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mensinergikan program perlindungan ibu dan anak sehingga menjadi satu kekuatan besar dalam mewujudkan Kabupaten Jayapura sebagai kabupaten layak anak.

“Sudah ada beberapa kali rapat dan koordinasi untuk membahas program ini, karena pemerintah telah membuat kebijakan terkait perhatian kepada ibu dan anak. Sampai saat ini belum terintegrasi dengan baik, bahkan tidak efesian dan efektif. Padahal fasilitas penunjang sudah disiapkan,” kata Bupati Awoitauw, di Sentani, Jumat (17/5/2019).

Bupati mengatakan program perlindungan ibu dan anak di Dinas Pemberdaryaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Bappeda, dan Dinas Sosial harus saling bersinergi.

“Pada masing-masing OPD ini ada dukungan penuh terhadap program yang sudah kami canangkan. Terlihat seperti kaku dan terus menjaga ego sektoral mereka, padahal ini untuk kepentingan masyarakat, dalam hal ini ibu dan anak-anak, yang sudah sangat serius harus diperhatikan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra, mengataka, melalui Alokasi Dana Kampung (ADK) selain tambahan dana afirmatif, ada dana Rp100 juta yang dikhususkan bagi ibu dan anak di setiap kampung.

“Melalui alokasi dana kampung kami rasa sudah banyak membantuk pelayanan dan kebutuhan ibu dan anak disetiap kampung, Rp100 juta tahap pertama, tahap kedua dan tahap akhir juga sama. Sehingga total setahun bisa mencapai Rp300 juta per kampung. Itu baru dari ADK, belum lagi tambahan dari masing-masing OPD dan program yang diturunkan,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)