Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

OPD harus didukung sarjana dengan ilmu spesifik

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, saat mengoperasikan mesin tanam padi – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan pemeritahannya sangat minim dengan sarjana teknis yang dapat bekerja sesuai dengan latar belakang ilmu yang spesifik. Menurutnya, di setiap Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam melaksanakan program kerjanya harus didukung dengan tenaga-tenaga ahli di bidangnya.

“Misalnya, dalam program pengambangan perikanan dan kelautan, harus ada ahli, sarjana teknis perikanan yang bekerja di sana. Demikian pula dengan sistem pertanian, harus ada sarjana pertanian di sana yang membantu untuk mengembangkan apa yang dikerjakan sesuai kreatifitas mereka. Kita memiliki banyak sarjana tetapi yang spesifik seperti ini yang kurang,” ujar Bupati Awoitauw, di Sentani, Rabu (19/6/2019).

Dikatakan, dari hasil seleksi tes CPNS saat ini dan yang akan datang, hal ini yang yang harus diperhatikan dengan baik, sehingga dalam menentukan kebijakan daerah, sudah bisa dipastikan arah dan tujuannya kemana.

“Tim sudah kami bentuk untuk melihat setiap kebutuhan daerah berdasarkan tenaga-tenaga ahli yang dibutuhkan dalam menentukan arah kebijakan nantinya. Tenaga teknis seperti ini dibutuhkan bukan hanya dapat bekerja berdasarkan program, tetapi juga dapat membuka lahan pekerjaan bagi masyarakat di kampung-kampung,” jelas Bupati Awoitauw.

Loading...
;

Kata bupati dua periode ini, seperti program kampung adat yang sedang kita jalankan saat ini dan terus akan dijalankan. Di setiap kampung adat harus ada tenaga pendamping khusus yang mengerti apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan masyarakat di kampung itu.

“Mulai dari kepala distrik, kepala kampung, dan tenaga pendamping adalah mereka yang benar-benar mengerti dan tahu akan kebutuhan masyarakat, sehingga ketika program dan anggaran yang diturunkan benar-benar terserap sesuai kebutuhannya,” kata Awoitauw.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, mengatakan sebagai kepala dinas yang diberi tanggung jawab untuk menterjemahkan visi dan misi dari pemerintah daerah ini secara khusus di bidang pertanian, dirinya sangat paham dan mengerti akan apa yang dibutuhkan saat ini oleh masyarakat tetapi juga pemerintah daerah berdasarkan visi dan misi tersebut.

“Latar belakang saya memang sarjana pertanian yang sudah banyak makan asam garam soal pertanian. Apa kebutuhan masyarakat dari sisi pertanian sudah kami jabarkan melalui program-program di setiap kampung, mulai dari pembukaan lahan, pemberian bibit, pelatihan manajemen usaha, sampai dengan pengelolaan teknologi pertanian yang berbasis mesin,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top