HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

OPD Papua diimbau tingkatkan kualitas pelayanan publik

 Peserta Bimtek pelayanan publik saat melakukan foto bersama – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya Aparatur Sipil Negara di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Papua, diminta terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kepala Biro Organisasi Setda Papua, Daniel Pahabol mengatakan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, telah diatur beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh penyelenggara layanan, di antaranya penyusunan standar pelayanan dan survey kepuasan masyarakat.

“Meskipun hasil evaluasi dan penilaian Ombudsman RI, Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura mendapat predikat tinggi atau zona hijau terhadap kepatuhan pelaksanaan pelayanan publik. Namun masih harus lebih ditingkatkan lagi,” kata Pahabol saat membuka bimbingan teknis penyusunan standar pelayanan publik survey kepuasan masyarakat, dan forum konsulitasi publik di Jayapura, Senin (28/5/2019).

Ia tekankan, pihaknya akan melakukan pengecekan atas tindaklanjut dari bimbingan teknis ini pada tiga bulan kedepan. Hal ini dilakukan untuk melihat masing-masing kinerja setiap pegawai.

“Hasil pengecekan itu akan menjadi penilaian tersendiri dari pimpinan dalam mengambil kebijakan lebih lanjut,” ujarnya.

Loading...
;

Hal senada dilontarkan Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen. Dirnya meminta setiap OPD di lingkungan pemerintahan Provinsi Papua, untuk tidak alergi terhadap masyarakat.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada setiap Aparatur Sipil Negara di Papua harus peka dalam melakukan pelayanan publik, sebab penilaian terhadap pemerintah dari pihak-pihak tertentu, seperti Ombudsman pasti ada.

“Keberadaan lembaga ini untuk memantau pelayanan publik yang dilakukan oleh setiap OPD. Untuk itu, setiap ASN harus mampu menjalankan kinerja sesuai amanat Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 tahun 2009,” kata Hery Dosinaen. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top