Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

OPD terkait di Nabire, diminta siaga antisipasi bencana alam

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Nabire, Jubi – Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim, mewakili Bupati Nabire, Isaias Douw, membuka workshop penyusunan profil sumber daya kesiapsiagaan daerah perbatasan I, di aula RSUS Nabire, Selasa (10/10/17).

Dikatakannya dalam sambutan, bencana alam berdampak besar seperti korban jiwa, kerugian dan kerusakan di berbagai aspek kehidupan, termasuk kerusakan ekosistem dan hasil pembangunan, serta pengaruhnya luas terhadap segala aspek kehidupan.

"Untuk itu dalam UU No. 24 tahun 2007 pasal 44 mengatakan, bahwa kesiapsiagaan merupakan satu dari tiga komponen utama penyelenggaraan penanggulangan bencana," sampainya.

Lanjutnya, kesiapsiagaan dipastikan sebagai upaya cepat dan tepat dalam menghadapi bencana. Tidak hanya pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),  tetapi pemerintah daerah pun bertanggungjawab melalui OPD terkait.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan data dan informasi terkait bencana alam," katanya.

Loading...
;

Di tempat yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Nabire, Blasius Nuhuyanan, mengatakan tujuan pelaksanaan workshop untuk memprediksi kekuatan dan kemampuan dalam penanganan bencana di Nabire.

"Bila kita sudah tahu data tentang potensi bencana, maka bisa mengantisipasinya," katanya.

Peserta workshop dihadiri 30 peserta, terdiri dari unsur TNI dan Polri, Tim SAR, serta OPD terkait. (*)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top