HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Operasi pasar tergantung kebutuhan dan stok

Illustrasi ketersediaan beras di gudang Bulog Wamena-Jubi/Dok

Wamena, Jubi – Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jayawijaya, Semuel Munua mengatakan, pemerintah daerah belum memutuskan apakah akan tetap menyalurkan beras murah dalam operasi pasar.

Pasalnya, sebelum dilakukan perlu koordinasi dengan Bulog Wamena selaku penyedia beras, begitu juga dengan keadaan stok yang dimiliki.

“Koordinasi dengan Bulog Wamena untuk memastikan apakah stok beras saat ini masih bisa dilakukan operasi pasar atau tidak,” katanya kepada wartawan di Wamena, Sabtu (18/5/2019).

Menurutnya, jatah operasi pasar untuk Jayawijaya sebanyak 200 ton per bulan, namun lima bulan terakhir di 2018 tidak berjalan, sehingga ini perlu dikoordinasikan terlebih dahulu.

“Kalau memang ada maka kami akan mulai melakukan operasi pasar kembali,” katanya.

Loading...
;

Sementara kepala kantor seksi logistik Bulog Wamena, Ahmad Mustari mengaku jika sejauh ini belum ada lonjakan harga beras Bulog di pasaran Wamena, sehingga belum bisa melakukan operasi pasar.

“Operasi pasar murah untuk beras ini dilakukan apabila ada lonjakan harga dipasaran dalam bulan Ramadan ini dan mendekati perayaan lebaran, jika harga dalam keadaan normal Bulog tidak melakukan operasi pasar,” kata Ahmad Mustari.

Apalagi kata dia, di Jayawijaya penyaluran Rastra telah dialokasikan hingga Maret 2019, sedangkan operasi pasar ini sebenarnya hanya dilarikan kepada beberapa pemasok yang telah ditunjuk di pasar untuk memperjual belikan beras dengan harga yang murah.

Sementara menyangkut jatah lima bulan beras untuk operasi pasar tidak terealisasi di 2018, hal itu kata Mustari sebenarnya bukan jatah untuk operasi pasar, karena beras yang dikeluarkan ini jika telah ditebus atau dibayarkan barulah bisa dikatakan sebagai jatah.

“Itu bukan jatah, kalau jatah tentunya sudah dibayarkan atau ditebus, sehingga kalau sudah dibayarkan maka mau tak mau kita harus disalurkan, tetapi ini kan belum sehingga tidak bisa dimasukkan sebagai jatah untuk operasi pasar,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top