Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Orang Papua alumni pendidikan luar negeri harus ciptakan lapangan kerja

Orang asli Papua (OAP) di wilayah adat Meepago pada suatu kesempatan – Jubi/Abeth You

Jayapura, Jubi – Putra-putri Papua yang menjadi alumni luar negeri dari berbagai universitas di dunia, lalu pulang ke kampung halaman, harus mampu menciptakan lapangan kerja. Jangan hanya tunggu diangkat menjadi pegawai negeri saja.

Hal tersebut kemukakan oleh alumni Universitas Wollongong Australia, Tisha Rumbewas yang juga direktur Sagu Foundation Jayapura, Senin (27/5/2019).

“Kita yang sudah merasakan pendidikan di luar negeri harus bisa menciptakan lapangan kerja dengan keterampilan yang dimiliki,” ujarnya di kantor pusat Sagu Foundation.

Dengan inovasi dan keterampilan yang ada, menurutnya itu bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada masyarakat.

Dirinya mengaku sudah membuktikan itu dengan mendirikan lembaga Sagu Foundation bersama sesama alumni dari luar negeri.

“ Sagu Foundation sejak didirikan di Jayapura banyak kegiatan sudah dilakukan. Seperti kursus bahasa Inggris, penyampaikan informasi beasiswa luar negeri dan melaksanakan tes IELTS,” ujarnya.

Loading...
;

Sebelumnya pelajar asal Papua kembali mengukir prestasi membanggakan di Amerika. Adalah Marike Agustin Tenawe, siswi asal Papua berhasil lulus sebagai juara umum pertama (Valedictorian) di West Nottingham Academy (WNA) Colora Maryland Amerika Serikat.

Atas keberhasilannya itu, Marike diberikan kesempatan membawakan pidato tunggal mewakili seluruh siswa pada acara kelulusan yang berlangsung di aula West Nottingham Academy, Sabtu (18/5/2019).

“Saya lulus sebagai juara umum pertama (Valedictorian) sedangkan juara umum yang kedua (Saludictorian) ada dua orang yakni dari China dan Amerika. Saya juga diberikan kesempatan membawakan pidato mewakili semua pelajar,” kata Marike Tenawe, Rabu (22/5/2019). (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top