Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ormas di Kota Jayapura diminta sukseskan Pemilu 2019

Kepala Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kota Jayapura, Bernard Fingkreuw saat diwawancara – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Jayapura, Bernard Fingkreuw mengimbau kepada seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) yang terdaftar di Kesbangpol agar turut serta mensukseskan Pemilihan Umum (pemilu) serentak 2019.

“Ormas harus menjaga ketertiban dan keamanan baik sebelum dan sesudah pemilihan umum dan mengajak anggota komunitasnya dengan menyalurkan aspirasi politiknya,” jelasnya di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (26/2/19).

Menurut Fingkreuw, ormas sebagai mitra pemerintah harus menjadi agen perubahan dengan membantu pemerintah menyukseskan Pemilu agar terlaksana dengan aman dan kondusif. Ia juga meminta ormas yang sudah terdaftar di Kesbangpol untuk melaporkan setiap kegiatan yang digelar untuk menjaga agar situasi tetap kondusif.

“Saya harap ormas terus meningkatkan koordinasi dan bersinergi dengan pemerintah, aparat keamanan maupun pihak terkait sehingga Kota Jayapura tetap aman. Kalau ada kegiatan sebelum pemilu ini harus mengantongi izin keramaian baik didalam maupun di luar ruangan. Begitu juga dengan organisasi keagamaan. Ormas harus mampu menguatkan peran di masyarakat dalam menjunjung tinggi nilai kebangsaan,” jelasnya.

Loading...
;

Selain mengajak ormas menyukseskan Pemilu pada April mendatang, Kesbangpol juga gencar mangawasi ormas radikal yang tidak sesuai dengan ideologi negara (Pancasila dan UUD 1945) agar tidak melakukan kegiatan di Kota Jayapura

“Di tahun politik ini bisa saja terjadi. Ormas bermunculan untuk merusak kedamaian dan keamanan serta kekondusifan daerah. Kami terus gencar melakukan pengawasan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Jayapura Pendeta Willem Itaar meminta agar masyarakat tidak terpecah-belah jelang pemilu. Ia mengimbau masyarakat agar berpolitik sesuai aturan agar pemilu berlangsung dengan aman, damai dan tertib.

“Sebagai mitra pemerintah, kami selalu mendukung program pemerintah dengan mengedepankan demokrasi dan menggunakan hak pilih sebagai mestinya,” tuturnya.

Itaar menambahkan, pihaknya selalu mengajak masyarakat melalui penguatan keagamaan melalui khotbah dan majelis ta’lim sehingga tetap menjaga rasa persaudaraan sesama umat beragama di Kota Jayapura. (*)

 

Editor : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top