Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Otsus segera berakhir, Gubernur Papua Barat siapkan sejumlah strategi

Gubernur Dominggus Mandacan, saat sambangi para pedagang pinang di Manokwari belum lama ini. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyiapkan sejumlah strategi jelang dihentikannya pemberian dana otonomi khusus dari Pemerintah Pusat. Meski berharap ada perpanjangan otsus, namun Mandacan tetap optimis Papua Barat bisa mandiri dan bangkit.

Sebagai antisipasi berakhirnya Otsus Papua tahun 2021, terdapat sejumlah program yang menjadi komitmen Pemerintah Provinsi bersama Kabupaten/Kota di Papua Barat. Program antisipasi tersebut  diantaranya melalui program penguatan bagi pengusaha OAP sesuai Perpres 17 tahun 2019 di bidang pengadaan barang jasa.

“Tindak lanjuti Perpres Nomor 17 tahun 2019, maka untuk pengusaha OAP telah disepakati pembagian tanggungjawab. Yaitu 70 persen pengusaha OAP menjadi tanggungjawab pemda kabupaten/kota, sedangkan sisa 30 persen menjadi tanggungjawab Pemprov,” ujar Mandacan, Selasa (7/5/2019).

Selain menyiapkan pengusaha OAP, Pemprov Papua Barat juga telah siapkan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mempersiapkan SDM Papua Barat yang terampil dan siap pakai di berbagai bidang kerja.

“Untuk penyiapan SDM, kami akan kerjasama dengan PT.Petro Tekno sebagai mentor dalam BLK yang akan dibangun di Kabupaten Manokwari Selatan. Lahan enam hektar sudah siap,” ujar Mandacan sembari mengaku telah memberikan support untuk mengingkatkan sejumlah Perusahaan Daerah (Perusda) yang ada di Papua Barat.  (*)

Loading...
;

Editor      : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top