Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Otsus segera berakhir, kekayaan alam Papua harus dimanfaatkan

Gubernur Papua, Lukas Enembe (kiri) bersama Ketua DPR Papua, Yunus Wonda (kanan). – Jubi/Arjuna Pademme.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe menyatakan potensi kekayaan alam Papua mesti dimanfaatkan setelah pemberian dana Otsus untuk Papua dari Pemerintah Indonesia berakhir pada 2021. Hal itu disampaikan Lukas Enembe dalam sambutannya saat meresmikan gedung II DPR Papua, Mes DPR Papua, dan Ring Road di Kota Jayapura, di kantor DPR Papua pada Kamis (1/8/2019).

“Potensi Papua mesti dimanfaatkan karena dana Otsus akan berakhir pada 2021. Harus cari potensi lain digarap untuk meningkatkan PAD. Makanya ekspor penting dilakukan langsung dari Papua ke tempat tujuan,” kata Lukas Enembe.

Menurutnya, jika provinsi lain dapat melakukan ekspor langsung, Papua juga bisa. Beberapa waktu lalu Pemprov Papua telah mengekspor langsung kayu dari Papua ke China.  “Kita pasti bisa. Makanya kita harus pikirkan ini sekarang. Saya harap anggota DPR RI dari Papua 10 orang mengurus itu,” katanya.

Namun untuk ekspor langsung hasil ke kekayaan alam Papua ke negara tujuan, mesti diimbangi pembangunan sarana penunjang diantaranya pelabuhan. Pelabuhan di Kota Jayapura dinilai sempit dan perlu diperluas.

Loading...
;

“Yang di Depapre (pelabuhan kontainer), Kabupaten Jayapura lebih luas. Tapi saya tidak tahu bagaimana dengan lahannya. Produk Papua harus kita ekspor langsung dari Papua,” ucapnya.

Kata Enembe, jika orang asli Papua semakin maju, menikmati pembangunan dan hasil kekayaan alamnya tentu mereka akan merasa puas dan diperlakukan adil. “Orang Papua (asli Papua), tidak akan ribut-ribut lagi,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top