HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pacific Games 2019 di Samoa resmi dibuka

Pacific Games 2019 di Samoa resmi dibuka

Kontingen dari Kaledonia Baru menari di tengah-tengah parade March of Nations Pacific Games. – Samoa Observer/Vaitogi Asuisui Matafeo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Samoa telah memulai Pacific Games XVI 2019 dengan spektakuler di Apia Park. Tamu-tamu Samoa dari bangsa-bangsa di seluruh Pasifik tiba Minggu lalu (7/7/20-19) dan berkumpul untuk pertama kalinya di Apia Park, untuk menyaksikan pertunjukan budaya.

Untuk merayakan setiap negara dari 24 yang berpartisipasi, para atlet, pejabat, dan sukarelawan beriringan mengelilingi lintasan di Stadion Apia Park, mengibarkan bendera mereka masing-masing, mengenakan kostum nasionalnya, dan menampilkan tarian mereka untuk menghibur para penonton.

Barisan negara-negara tersebut dipimpin oleh tuan rumah Pacific Games 2015, Papua Nugini. Dipimpin oleh pembawa bendera pemain tenis asal negara itu Abigail Tere-Apisah, negara itu berjalan keluar dengan lautan warna kuning dan merah menyala, dan berbagai benderanya dikibarkan.

Setiap negara dipimpin oleh seorang pemegang papan nama negara asal Samoa, mengenakan pakaian tradisional, dan berseri di bawah lampu sorot. Semua 24 pemegang papan nama mengangkat papan nama setiap negara dengan bangga seolah-olah untuk negara mereka sendiri.

Negara-negara itu berparade berdasarkan abjad, kecuali Samoa, yang sebagai tuan rumah, dan dengan 645 atlet, pejabat, dan sukarelawan dari pemerintah dan lainnya, berjalan paling terakhir dan disambut dengan tepuk tangan meriah.

Samoa Amerika, Australia, dan Kepulauan Cook berurutan, satu per satu, masing-masing berjalan pelan-pelan sambil melambaikan tangan pada penonton, berhenti untuk berfoto.

Federasi Mikronesia (FSM) yang kecil namun berpengaruh berada di urutan berikutnya, dengan hanya 28 atlet dalam kelompok mereka. Namun mereka sama ramainya dengan kontingen Papua Nugini yang beranggotakan 506 orang.

Dengan 353 atlet, kehadiran Fiji juga tidak dapat diabaikan. Kontingen Guam berjalan dengan mengenakan seragam resmi mereka, dan membawa beberapa bendera besar di antara mereka yang dipegang oleh para atlet. Kiribati diwakili dalam parade oleh hanya empat atlet, meskipun ada 63 perwakilan negara itu yang datang ke Samoa.

Kepulauan Marshall dan Nauru juga mengenakan busana cerah, dan sering berhenti untuk berfoto selfie dengan kerumunan ceria.

Kaledonia Baru berjalan sampai di depan tribun tempat duduk para pejabat tinggi, berhenti, dan mulai menampilkan tarian Kanak yang meriah, dan disambut dengan sorak sorai dari seluruh stadion.

Selain itu Selandia Baru, Niue dan Kepulauan Norfolk, Kepulauan Mariana Utara, Palau, Kepulauan Solomon, Polinesia Prancis, Tokelau, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu dan Wallis dan Futuna juga mengirimkan atlet-atlet mereka untuk bertanding. (Samoa Observer)


Editor: Kristianto Galuwo

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)