Padagang di Papua diingatkan agar tidak menjual makanan kadaluarsa

Padagang di Papua diingatkan agar tidak menjual makanan kadaluarsa

Foto ilustrasi, BPOM memusnahkan makanan tak layak konsumsi beberapa waktu lalu – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota komisi yang membidangi perdagangan dan ekonomi Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Mustakim mengingatkan para pedagang di Papua agar tidak menjual makanan yang kadaluarsa. Pernyataan itu dikatakan Mustakim untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pedagang “nakal” yang memanfaatkan situasi jelang perayaan Idul Fitri, 5 – 6 Juni 2019.

Ketika menjelang perayaan hari-hari besar keagamaan menurutnya, permintaan kebutuhan pokok meningkat. Situasi ini bisa saja dimanfaatkan oknum-oknum pedagang atau distributor untuk menjual makanan yang sudah kadaluarsa.

“Ketika pedagang menerima barang dari distributor mesti teliti memeriksa masa berlakunya. Jika sudah kadaluarsa, mesti dikembalikan. Jangan malah diterima lalu  dijual kembali,” kata Mustakim, Minggu (26/5/2019).

Mustakim tidak ingin ada pedagang yang berurusan dengan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau institusi penegak hukum lainnya, karena menjual barang kadaluarsa. Ia mengingatkan kasus yang terjadi pada 2018, ketika seorang pedagang dijerat pidana karena menjual makanan kadaluarsa.

“Kejadian seperti itu jangan terulang lagi. Kami Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Papua juga akan memantau pasar tradisonal dan supermarket,” ujarnya.

Selama bulan Ramadan tahun ini, BPOM Papua terus memantau makanan kadaluarsa yang dijual di toko dan lokasi lainnya. BPOM juga melakukan pengawasan menu buka puasa atau takjil yang dijajakan pedagang musiman.

Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan BPOM Papua, Buyung mengatakan hasil temuan pihaknya di lapangan, hingga kini takjil yang dijual aman dikonsumsi. “Masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan. Dari tahun ke tahun, BPOM jarang menemukan adanya zat berbahaya yang terkandung dalam makanan yang dijajakan pedagang,” kata Buyung. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)