Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pansus Afirmasi MRP menyerahkan 58 berkas pendaftaran siswa STMKG dari jalur afirmasi

Foto ilusrasi, logo STMKG – twitter.com/stmkgofficial

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Panitia Khusus Afirmasi Majelis Rakyat Papua menyerahkan 58 berkas pendaftaran orang asli Papua yang akan mengikuti tes penerimaan Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau STMKG. Berkas pendaftaran sekolah kedinasan diserahkan di Tangerang Selatan, Banten, pada Senin (15/7/2019) itu merupakan berkas pendaftaran STMKG melalui jalur afirmasi bagi orang asli Papua.

Hal itu dinyatakan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Afirmasi Majelis Rakyat Papua (MRP) Edison Tanati saat dihubungi Senin. “Pada Senin kami menyerahkan berkas pendaftaran 58 orang asli Papua yang akan mengikuti tes STMKG. Kami mengantar berkas pendaftaran itu ke kampus STMKG di Bintaro, Tangerang Selatan,” kata Tanati, Senin.

STMKG adalah sekolah kedinasan di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Tanati menjelaskan berkas para calon siswa STMKG dikumpulkan setelah MRP mendapat kepercayaan dari STMKG untuk merekrut orang asli Papua yang berminat mengikuti pendidikan di sekolah kedinasan itu.

Selama ini, pembukaan pendaftaran STMKG di Papua selalu sepi peminat. Edison Tanati menyebut besaran kuota afirmasi bagi orang asli Papua dalam penerimaan siswa STMKG di Papua mencapai lebih dari 50 lowongan, karena hingga saat ini 110 bandar udara dan lapangan terbang di Papua masih kekurangan banyak tenaga Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Loading...
;

Tanati menyatakan para pimpinan kampus STMKG menyambut baik upaya MRP memfasiltasi orang asli Papua yang ingin mengikuti tes penerimaan siswa STMKG. “Pihak STMKG sangat antusias, dan justru mengharapkan keterwakilan dari 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua,” kata Tanati.

Menurutnya, pada 23 Juli 2019, sejumlah 58 pendaftar itu akan mengikuti persiapan tes Seleksi Dasar Kompetensi yang akan berlangsung di Badan Kepegawaian Negara di Jayapura. Setelah mengiktui persiapan itu, barulah mereka akan menjalani tes untuk menentukan kelulusan seleksi penerimaan siswa STMKG.

Revda Wanggai, seorang siswi yang mendaftar di STMKG melalui jalur afirmasi, berharap bisa mengikuti semua proses tanpa hambatan. “Saya harap MRP bisa membantu fasilitasi untuk kami,”ungkapnya kepada jurnalis Jubi pada pekan lalu.

Wanggai menyatakan ia mengikuti tes STMKG jalur afirmasi karena ingin mengisi kekurangan tenaga Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika di Papua. “Kami mau bekerja di kami pu negeri. Saya sedih kalau mendengar pesawat terbang dan mendarat di pedalaman Papua tanpa ada [dukungan informasi cuaca dari] tenaga Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika,” kata Wanggai. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top