HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pantai Hamadi semakin ramai pengunjung

Jembatan Pantai Hamadi. – Jubi/Benny Mawel

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Sejak tiga tahunan terakhir, Pantai Hamadi menjadi daerah tujuan wisata bahari yang semakin diminati oleh wisatawan maupun warga Kota Jayapura, Papua. Jumlah pengunjung di Pantai Hamadi bisa mencapai ratusan orang per pekan.

Hal itu dinyatakan salah satu pemilik hak ulayat yang menjadi pengelola Pantai Hamadi, David Dawir di Pantai Hamadi, Jayapura, Rabu (12/6/2019). Menurutnya, kunjungan wisatawan di Pantai Hamadi akan semakian ramai pada musim liburan.

Dawir menyebut para pengunjung Pantai Hamadi itu berasal dari Kota Jayapura maupun kabupaten sekitarnya, seperti Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura. “[Kini Pantai Hamadi semakin ramai dikunjungi wisatawan. Jumlah wisatawan di Pantai Hamadi] bisa [mencapai] 200 orang per minggu. Kalau musim [liburan, jumlah pengunjung] bisa lebih dari itu,”ungkap Dawir.

Dawir menyebut, Pantai Hamadi semakin diminta warga karena memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan Pantai Holtekam, Pantai Base G dan pantai Pasir Enam Jayapura. Pantai Base G dan pantai Pasir Enam Jayapura disebut Dawir memiliki gelombang laut yang lebih tinggi, sehingga bisa membahayakan keselamatan para ibu dan anak yang berwisata di sana.

Loading...
;

“Hamai aman karena sudah ada tembok penangkis ombak. Waktu ombak pukul, arusnya tidak terlalu deras, dan ombak tarikannya  juga aman. Kalau  terseret bisa tertahan di tembok,”ungkap Dawir.

Pantai depan kantor Gubernur aman dari ancaman ombak namun tidak bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga dan berenang di tepi pantai. Selain tidak berpasir, pantai itu memiliki lebih banyak karang, sehingga hanya untuk duduk-duduk.

Ferige Uaga, salah satu warga kota Jayapura yang sedang berkunjung ke Pantai Hamadi, mengatakan Pantai Hamadi memang terasa lebih aman untuk rekreasi. Selain itu, Pantai Hamadi terbilang lebih mudah dijangkau dari Kota Jayapura.

“Kalau kita di Jayapura, [memang] lebih dekat ke Hamadi, [sehingga] tidak membuat capek. Kalau ke Holtekam atau  Base G, perjalanannya [sudah membuat] capek. Sebelum mandi [di laut], sudah capek, dan setelah rekreasi [harus menempuh perjalanan] pulang [yang] jauh,”ungkapnya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top