HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Papua diundang ikut pesta kesenian Bali ke-41

Rektor Institut Seni dan Budaya (ISBI) Tanah Papua, Prof Dr I Wayan Rai – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Rektor Institut Seni dan Budaya (ISBI) Tanah Papua, Prof Dr I Wayan Rai mengatakan Papua kembali mendapat kepercayaan tampil di pesta kesenian Bali yang ke-41, yang dijadwalkan akan berlangsung pada 15 Juni sampai 13 Juli 2019 di Taman Budaya, Denpasar.

“Papua akan diwakili oleh ISBI, dan ini merupakan kepercayaan kedua dari pemerintah Bali kepada Papua. Dengan demikian kami akan berusaha menampilkan yang terbaik,” kata I Wayan di Jayapura, Selasa (14/5/2019).

Menurut ia, pesta kesenian Bali tahun ini mengusung tema “Bayupramana”, yang mana dalam penjabarannya berasal dari dua kata yakni “banyu” yang berarti angin dan “pramana” kekuatan.

Dengan demikian, pesta kesenian Bali akan menampilkan ribuan seniman dari dalam maupun luar negeri, dan kehadiran Papua pada kegiatan ini perlu diapresiasi karena Papua dinilai mampu menampilan kesenian yang terbaik tahun lalu.

“ISBI Papua tahun lalu juga mewakili Papua pada kegiatan yang sama, mungkin anak-anak mampu pentaskan budaya yang unik dan menarik, sehingga panitia kembali mengundang kami kembali,” ujarnya.

Loading...
;

Untuk hal ini, ujar ia, pihaknya sudah melakukan seleksi kepada mahasiswa ISBI Papua. Dengan demikian, Duta seni Papua yang terpilih diharapkan terus melakukan persiapan, sehingga bisa tampil baik. Apalagi Papua mendapat jadwal menujukan penampilannya di depan Presiden Joko Widodo.

“Kami akan tampil pada pawai budaya yang rencananya akan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo,” katanya.

I Wayan Rai menambahkan, lewat pentas kesenian Bali ini, Papua mendapat kesempatan mempromosikan budaya Bumi Cenderawasih kepada seniman dari dalam maupun luar negeri.

“Jadi secara tidak langsung kami memperkenalkan potensi seni budaya Papua sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara berkunjung Papua. Di sisi lain, kami akan mempromosikan Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional XX tahun 2020,” ujarnya.

Secara terpisah, Frans Junias Jugganza, mahasiswa tari di ISBI Tanah Papua, mengatakan pihaknya sangat siap jika nanti diminta untuk mewakili Papua di pentas kesenian Bali.

“Mungkin dalam minggu-minggu ini persiapan sudah kami lakukan. Jika kami berangkat, kami siap menampilkan seni budaya yang terbaik untuk Papua,” kata Frans melalui pesan singkatnya kepada Jubi.

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top