Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Papuan Voices konsisten gaungkan suara dari tanah Papua

Perayaan Hut Papuan Voices ke – 8 dirayakan dengan pemberkatan Gedung Sekretariat Papuan Voices oleh Pater Edi Doga, OFM. – Jubi/Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Papuan Voices merupakan salah satu media audio visual yang konsisten menyuarakan persoalan di Tanah Papua. Koordinator Nasional Papuan Voices Bernard Koten mengatakan, anggota Papuan Voice terus berupaya menghasilkan karya-karya yang sesuai dengan realita dan suara rakyat Papua.

“Kami Papuan Voices sejak awal tahun 2011 sampai pada pelatihan berikutnya di Sorong dengan Belantara Papua, di Wamena dengan YTHP berjalan cair. Walaupun demikian, tidak menyurutkan semangat kami untuk bersuara atau membantu meneruskan suara masyarakat kecil/adat dan mereka yang terpinggirkan di Tanah Papua”, kata Bernard Koten disela perayaan ulang tahun Papuan Voices ke-8 di Sekretariat Papuan Voices, Waena, Kota Jayapura, Selasa (10/12/2019).

Sejak tahun 2011 sampai saat ini, Papuan Voices sudah banyak menghasilkan video atau film pendek tentang persoalan HAM, Lingkungan atau Hutan dan persoalan sosial di Tanah Papua. Papuan Voices tetap pada posisi bersama masyarakat adat dan mereka yang terpinggirkan di Tanah Papua.

Papuan Voices menjadi media untuk memberitahukan kepada masyarakat adat dan publik di luar Papua bahwa masih terlalu banyak persoalan HAM, lingkungan dan sosial di Tanah Papua hingga saat ini.

“Saya waktu masih mahasiswa, saya juga banyak mengoleksi film-film atau video yang diproduksi oleh teman-teman Papuan Voices. Film-film yang dihasilkan itu benar-benar membantu meneruskan suara dari masyarakat kecil, masyarakat adat Papua yang ada di kampung-kampung”, kata salah satu undangan Ruth Ohoiwutun.

Loading...
;

Lebih lanjut, Ruth mengharapkan, Papuan Voices tetap terus bergerak dan menjadi media ‘perlawanan’ terhadap segala informasi yang tidak adil dan tidak benar tentang persoalan HAM, Lingkungan dan Persoalan Sosial lainnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ezra Mandosir, yang juga membantu proses perkembangan Papuan Voices. Menurut Ezra, Papuan Voices hadir di Tanah Papua menjadi sebuah media alternatif untuk membantu menyuarakan persoalan di Tanah Papua. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top