Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Para pemimpin Pasifik menyelamati kemenangan kembali Presiden Taiwan

Tsai Ing-wen terpilih kembali sebagai Presiden Taiwan dan memecahkan rekor dengan jumlah suara 8,2 juta. – RNZI/AFP / The Yomiuri Shimbun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Taipei, Jubi – Negara-negara Pasifik pendukung Taiwan telah mengucapkan selamat kepada Tsai Ing-wen setelah ia menang telak dan kembali terpilih sebagai presiden.

Presiden Tsai telah memenangkan periodenya yang kedua setelah meraih kemenangan dalam pemilu yang ramai dengan isu hubungan pulau itu dengan Tiongkok.

Tsai memenangkan 57% suara dalam pemilu akhir pekan kemarin – memecahkan rekor dengan jumlah suara 8,2 juta – kemenangan terbesar sejak pemilu presiden pertama Taiwan pada 1996.

Presiden Tommy Remengesau dari Palau telah menyurati, untuk menyampaikan bahwa hasil pemungutan suara bersejarah itu merupakan bukti dukungan yang kuat atas semua yang telah dilakukan Tsai demi demokrasi, perdamaian, dan kebebasan.

Presiden Remengesau mengatakan pengabdian Tsai terhadap persatuan, kemajuan, dan keberhasilan itu sama dengan sahabat-sahabatnya di wilayah Pasifik.

Loading...
;

Melalui media sosial Twitter, Tommy Remengesau Jr berkata, “Atas nama Republik Palau, saya ingin mengucapkan selamat kepada teman yang baik dan mitra yang hebat, Presiden Tsai Ing-wen, ROC-Taiwan atas pemilihan kembali Anda!”

Tiongkok menganggap Taiwan sebagai provinsi separatis, dan telah mengklaim kedaulatan atas Taiwan sejak berakhirnya perang saudara Tiongkok pada 1949. Menurut Tiongkok, pada akhirnya, Taiwan harus dipersatukan kembali dengan Tiongkok, dan mereka akan menggunakan kekerasan jika perlu.

Tiongkok menolak untuk memiliki hubungan diplomatik dengan negara mana pun yang mengakui Taiwan sebagai negara berdaulat.

Palau, Kepulauan Marshall, Nauru dan Tuvalu telah mempertahankan hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Namun, tahun lalu, Kepulauan Solomon dan Kiribati mengalihkan pengakuan diplomatiknya ke Tiongkok.

Nauru juga telah memberi selamat kepada presiden Tsai. Mantan Presiden Kepulauan Marshall, Hilda Heine, juga menunjukkan dukungannya melalui Twitter. (

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top