Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pasar Hamadi akan dijadikan pasar sehat

Salah satu wartawan televisi lokal sedang meliput di salah satu toilet di Pasar Hamadi – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

 Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura terus meningkatkan pengelolaan pasar salah satunya dengan menciptakan pasar sehat, dari sisi kebersihan dan kenyamanan setiap warga yang akan bertransaksi di sana.

Salah satu pasar tradisional yang akan masuk kategori percontohan sebagai pasar sehat adalah Pasar Hamadi, Distrik Jayapura Selatan.

“Untuk pasar sehat di Pasar Hamadi, ada beberapa komponen yang perlu segera kami benahi karena nilainya masih rendah,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Udaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L. N. Awi di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (19/2/19).

Dikatakan Awi, ada empat komponen yang harus dibenahi pada 2019, yaitu toilet, tempat bermain anak, tempat ludah pinang, penataan tempat parkir dan saluran drainase.

Loading...
;

Dari keempat komponen tersebut, Awi menjelaskan, toilet saat ini yang baru difungsikan ada dua, yaitu dilantai satu dan lantai dua, yang berjumlah 18 toilet. Sementara untuk penambahan, satu toilet yang dijadikan gudang akan difungsikan kembali.

Soal tempat bermain anak, lanjut Awi, sudah ada tempatnya tinggal dilengkapi dengan fasilitas. Sementara untuk tempat ludah pinang, akan disediakan drum berisikan pasir, dan tempat parkir yang masih semrawut, serta drainase yang masih dipenuhi sampah.

“Jika, semua pasar di Kota Jayapura dikelola dengan sehat maka warga yang beraktivitas di pasar baik pedagang dan pengunjung menjadi sehat, bersih, aman dan nyaman,” jelasnya.

Salah satu pedagang di Pasar Hamadi, Koni Jikwa menuturkan, memberikan apresiasi atas berbagai terobosan dan inovasi yang terus menata pasar agar warga mau datang ke pasar untuk berbelanja.

“Tentu saja kalau warga sudah datang pastinya dapat menggerakan perekonomian di pasar. Pendapatan pedagang menjadi meningkat,” katanya.

Salah satu pembeli, Mardiono mengatakan, Pemerintah agar terus melakukan pengawasan dan pembinaan kepada pedagang agar selalu menjaga kebersihan dan menyediakan bahan pokok yang sehat.

“Kondisi cukup baik untuk masuk kategori pasar sehat tapi saya berharap nantinya kalau Pasar Hamadi sudah ditetapkan sebagai pasar sehat, kondisi pasar bersih terus ditingkatkan kedepannya,” jelasnya. (*)

 

Editor : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top