Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pasca insiden Ekspo Waena, Polda Papua masih periksa enam orang

Mahasiswa yang ditangkap polisi sebelum dibawa ke Mako Brimob Polda Papua untuk diperiksa beberapa hari lalu – IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Hingga kini sebanyak enam orang masih menjalani pemeriksaan di Polda Papua, pasca insiden di Ekspo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura yang menyebabkan empat orang meninggal dunia dan puluhan lainnya terluka pada 23 September 2019.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua, Emanuel Gobay, salah satu anggota Tim Koalisi Pengacara HAM Papua yang memberikan pendampingan hukum kepada para terperiksa mengatakan, enam orang yang diperiksa tersebut, yakni Bedira Tabuni, Biko Kogoya alias Yali Kogoya, Alpon Meku, Pailes Jigibalon, Tenak Wakerkwa, dan Abua Yikwa.

Menurutnya, sebelumnya ada 20 orang yang diperiksa di Polda Papua. Mereka ini merupakan korban luka yang sempat dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Polda di Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Akan tetapi, 14 orang di antaranya telah dipulangkan pada 26 September 2019.

“Pada pukul 12.30 WP, sebanyak 14 orang masa aksi yang dipulang sementara enam lainnya masih ditahan untuk diperiksa selanjutnya,” kata Emanuel Gobay kepada Jubi, Kamis (26/9/2019).

Loading...
;

Katanya, 14 orang yang dipulangkan, yakni Oni Sobolim alias Nas Pahabol, Aser Murib, Lekian Enumbi, Tenius Kogoya, Despinus Wakerkwa alias Tabenak, Agustinus Gombo, Nuin Wenda, Marten Gombo, Yordan Wasage, Dinto Gwijangge, Demianus Dabi, Isman Wenda, Mernus Kogoya, dan Saul Matuan.

Kata Emanuel Gobay, sebelum memeriksa puluhan orang yang sempat dirawat di RS Bhayangkara, Polda Papua telah menetapkan tujuh orang sebagai tersangka, yakni Abraham Dote, Elimus Bayage, Yandu Kogoya, Assa Asso, Yogi Wenda, Jembrif Kogoya dan Maya Kamarigi.

Emanuel Gobay mengatakan, awalnya polisi hanya menetapkan enam orang sebagai tersangka. Akan tetapi Tim Koalisi mendapatkan keterangan bahwa Maya Kamarigi yang juga sudah diperiksa pada 24 September 2019, telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Tim Koalisi langusung meminta surat-surat yang berkaitan dengan status tersangka, agar selanjutnya dapat didampingi bersama-sama enam orang tersangka yang telah dibuat surat kuasanya,” ujarnya.

Ketujuh tersangka dijerat dengan pasal berbeda. Abraham Dote disangkakan melanggar Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 187 KUHP, dan atau Pasal 365 KUHP, dan atau Pasal 170 ayat (1) KUHP, dan atau Pasal 2 UU No 12/1951 jo Pasal 64 KUHP.

Elimus Bayage disangkakan melanggar Pasal 170 ayat 2 ke (2e dan 3e) KUHP dan Pasal 212 KUHP. Yandu Kogoya disangkakan melanggar Pasal 170 ayat 2 ke (2e dan 3e) KUHP dan Pasal 212 KUHP.

Assa Asso disangkakan melanggar Pasal 106 jo Pasal 87 KUHP, dan atau Pasal 110 KUHP, dan atau Pasal 14 ayat (1), (2) dan Pasal 15 UU No 1/1946, dan atau Pasal 66 UU No 24/2009, dan atau Pasal 160 KUHP, dan atau Pasal 187 KUHP, dan atau Pasal 365 KUHP, dan atau Pasal 170 KUHP ayat (1) KUHP, dan atau Pasal 2 UU No 12/1951 jo Pasal 64 KUHP.

Yogi Wenda disangkakan melanggar Pasal 170 ayat 2 ke (2e dan 3e) KUHP dan Pasal 212 KUHP dan atau Pasal 53 KUHP, Jembrif Kogoya disangkakan melanggar Pasal 170 ayat (1) ke 2e dan 3e dan Pasal 212 KUHP, sementara Maya Kamagiri dituduh melanggar Pasal 170 ayat (2) ke 2e dan 3e KUHP, dan Pasal 212 KUHP.

Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, hingga kini belum ada penambahan penetapan tersangka dalam insiden Ekspo Waena. Akan tetapi ia juga belum mendapat data terkait masih ada enam orang lain yang diperiksa penyidik.

“Belum ada ini. Nanti saya cari datanya,” kata Kombes Pol A.M. Kamal.
Menurutnya, untuk ketujuh orang yang ditetapkan sebagai tersangka, kesimpulan itu diambil setelah dilakukan pemeriksaan mendalam.

“Diputuskan tujuh orang yang terjerat dengan kriminalitas. Dari tujuh itu ada dua bukan mahasiswa. Yang pasti dia adalah anggota KNPB,” ujarnya. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top