Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pasca kerusuhan, RSU dan PKM di Deiyai telah normal

Bupati Deiyai Ateng Edow, Kadinkes Kornelis Pakage bersama petugas kesehatan Deiyai serta jajaran pemerintahan– Jubi/Abeth

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Deiyai, Kornelis Pakage mengatakan, pelayanan di RSU Pratama dan 10 Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) di wilayah kerjanya telah berjalan normal seminggu lalu.

“Kalau untuk pelayanan di RSU Deiyai dan PKM terutama PKM Edagotadi, Damabagata, Waghete, Gakokebo, Ayatei dan Tenedagi sudah kembali normal pada Senin, 9 September 2019 lalu, jadi sekarang sudah satu minggu berjalan,” ujar Kornelis Pakage kepada Jubi melalui sambungan telepon seluler, Rabu, (18/9/2019).

Menurut Pakage, pelayanan sempat terhenti karena kerusuhan pada 28 Agustus. Pihaknya mempertimbangkan keselamatan petugas . Namun demi melayani warganya, Pakage telah berinisiatif agar petugasnya kembali bekerja.

“Langkah ini kami ambil semata-mata untuk pelayanan kepada masyarakat. Sebab pelayanan merupakan hal terpenting saat ini,” ujarnya.

Loading...
;

Pun begitu, katanya, Bupati  Deiyai Ateng Edoway juga telah mengambil langkah sehingga pelayanan saat ini kembali normal.

Direktur RSU Pratama Deiyai, dr. Yanuarius Mote mengatakan, ramainya aktivitas pasien terlihat di gedung Poliklinik RSU setempat. Tampak sejumlah pasien mengantre di loket pendaftaran pasien.

Menurut Mote, dua minggu pasca kericuhan layanan rumah sakit sudah kembali dibuka untuk pasien umum. “Senin kemarin kunjungan sudah normal, dari sisi jumlah baru puluhan orang pasien yang datang berobat, itu masyarakat umum,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya sempat menutup sementara layanan rumah sakit pada tanggal 28 Agustus hingga 8 September sebagai upaya antisipasi keselamatan petugas dan pasien.

“Pada saat kericuhan terjadi akses ke rumah sakit sempat terblokade karena adanya penutupan jalur. Padahal sudah siapkan SDM seperti dokter perawat dan petugas pengobatan lainnya tetap berjaga melayani,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top