Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pasca kerusuhan Wamena, ODHA sulit dapatkan pelayanan kesehatan

Orang dengan HIV/AIDS ketika mendapatkan perawatan oleh petugas kesehatan – Jubi/Jawaspos.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ribuan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Wamena kesulitan mengakses pelayanan kesehatan pasca kerusuhan di Wamena. Direktur Yayasan Pengembangan Kesahatan Masyarakat (YPKM) Papua T. G Butar-Butar mengatakan, pasca kerusuhan ada ribuan ODHA yang tak mendapat pendampingan dan perawatan. Ini karena petugas medis memilih mengungsi untuk keselamatan.

“Biasanya mereka dirawat, didampingi, dibimbing dan dimotivasi supaya minum obat Antriretroviral (ARV) secara teratur dan dikontrol kesehatan secara rutin dan diadvokasi untuk makan makanan bergizi dan pola hidup dan perilaku sehat,” katanya belum lama ini.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan per 30 Juni 2019, kasus HIV DAN AIDS di kabupaten Jayawijaya tercatat sebanyak 8.242 terdiri dari HIV 3.784 orang dan AIDS 4.458 orang.

Harusnya mereka dirawat dan dikunjungi oleh petugas kesehatan dari Puskesmas setempat serta mendapat pendampingan dari sejumlah LSM.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya dr. Welly Mambeauw mengungkapkan bahwa pelayanan 27 puskesmas di luar kota Wamena belum bisa berjalan karena tidak ada petugas kesehatan.

“Sungguh memprihatinkan bagi nasib pasien yang tinggal dikampung-kampung. Pelayanan kepada pasien HIV dan AIDS pun menjadi terbengkalai dan terlantar sehingga dapat mengancam jiwa yang berujung pada kematian dini karena tidak ada tenaga yang menolongnya,” katanya.

Loading...
;

Sementara itu, Geradus Ete dari ARV Community Support (ACS) berharap keadaan di Wamena dan daerah lain di wilayah pegunungan tengah cepat pulih kembali, sehingga petugas kesehatan dapat kembali ke daerah ini untuk menjalankan tugas kemanusiaan ini. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top