Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pastor Yuvensius: Saya berharap suatu saat masyarakat tak bergantung kepada raskin

Masyarakat di Kampung Kumbe, Distrik Malind, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Pastor Paroki Kumbe, Yuvensius Saragih, OFMCap mengatakan sejak tahun 2016 silam, pihaknya terus mendampingi masyarakat lokal di Kampung Kumbe, Distrik Malind, Kabupaten Merauke untuk membuka area persawahan.

“Kami mendapat bantuan dana untuk pembelian satu unit jonder dari Ordo Kapusin. Sekaligus dapat dimanfaatkan membuka lahan persawahan agar masyarakat bisa menanam padi,” ungkap Pastor Yuvensius kepada Jubi, Kamis (17/10/2019).

Dikatakan, secara umum lahan milik masyarakat di Kampung Kumbe sangat cocok untuk pertanian. Hanya saja, kendala yang sering dihadapi adalah minimalnya alat pertanian.

“Meskipun jonder hanya satu, namun masyarakat tetap diberikan perhatian. Dimana lahannya dibuka, agar mereka dapat menanam padi,” katanya.

Loading...
;

Dikatakan, proses pendampingan terus dilakukan dari waktu ke waktu kepada masyarakat setempat.

“Ada keinginan besar dari kami agar suatu waktu, mereka tidak lagi menggantungkan harapan mendapatkan jatah beras lagi,” ujarnya.

“Memang ada semangat warga setempat untuk bekerja. Namun perlu didukung peralatan memadai,” imbuhnya.

“Beberapa waktu lalu, hasil padi masyarakat tak bisa dipanen, lantaran telah terendam banjir. Bagaimana untuk memanen, kalau tak ada harvester combine,” ungkap pastor.

Pernah, lanjut pastor, pihaknya menyewa harvester combine dengan harga Rp2 juta untuk satu hektar. Tentunya dengan harga sangat mahal ini, petani tak mampu menyewa.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Sulaeman Hamzah, beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya siap memfasilitasi melalui rumah aspirasi untuk mendatangkan alat pertanian.

Hanya saja, lanjut Sulaeman, usulan mendapatkan alat pertanian, harus dalam bentuk kelompok. Kalau usulan perorangan, tentunya tak bisa dilayani. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top