Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

PDAM Jayapura akan manfaatkan air Danau Sentani untuk PON 2020

Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna (tengah) bersama Wakil Menteri PUPR, John Wempi Wetipo (jas hitam) saat peresmian kantor Balai Wilayah Sungai Papua. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura, Entis Sutisna mengatakan akan memanfaatkan air Danau Sentani untuk pemenuhan air bersih saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua.

“Dengan adanya pembangunan sumber air dari Danau Sentani dari Balai Wilayah Sungai Papua, saya kira ini akan menjadi jangka panjang (penambahan kapasitas produksi air). Kami hanya sebagai pengelola saja,” ujar Entis di Kantor Wali Kota Jayapura, Sabtu (14/12/19).

Menurut Entis, kapasitas air yang akan dimanfaatkan di Danau Sentani, yaitu 250 liter per detik menggunakan teknologi tinggi (water treatment) agar masyarakat dapat terlayani air bersih.

“Kami hanya menerima saja, yaitu sifatnya sebagai pengelola dan ini merupakan solusi dari Pemerintah Pusat yang cukup bijak atas usulan PDAM untuk lima tahun mendatang. Danau Sentani akan menjadi alternatif baru sumber air bersih di sekitarnya. Kapasitas air Danau Sentani ini besar, yaitu 1.100 liter per detik,” ujar Entis.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua, Yulianus Mambrasar mengatakan pemanfaatan air Danau Sentani sebagai air baku karena berdasarkan kebutuhan yang diajukan PDAM Jayapura.

“Tahun depan atas kebijakan Bapak Menteri dan Bapak Dirjen SDA kami akan lanjutkan pemanfaatannya (Danau Sentani) dalam hal ini PDAM. Kami akan sambung empat kilometer lagi sehingga diharapkan tahun depan sudah berfungsi untuk menjawab kebutuhan kekurangan air di Kota Jayapura, salah satunya untuk kebutuhan PON 2020,” jelas Mambrasar. (*)

Loading...
;

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top