Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pecinta lingkungan desak G20 cela rencana serangan paus Jepang

Warga membagi-bagikan jatah daging paus hasil tangkapan mereka di Lamalera, 2014. Forum Komunikasi Tokoh Adat Peduli Budaya Kabupaten Rote Ndao menetapkan denda sebesar Rp100 juta bagi penangkap paus dan pemburu buaya. – sergapntt.com

Jepang sebagai tuan rumah petemuan G20 akan memulai kembali penangkapan ikan komersial pekan depan.

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Tokyo, Jubi-Pecinta lingkungan hidup dari seluruh dunia mendesak pemimpin global dalam pertemuan puncak G20, Jumat, (28/6/2019) hai ini agar  tidak menutup mata atas serangan kejam terhadap ikan paus yang direncanakan Jepang. Jepang sebagai tuan rumah petemuan G20 akan memulai kembali penangkapan ikan komersial pekan depan.

Jepang mundur dari International Whaling Commission (IWC) pada Minggu pekan lalu dan melanjutkan penangkapan ikan paus komersial sehari setelah selama tiga dasawarsa. Selama itu, program penangkapan ikan pausnya dengan kedok “penelitian ilmiah” dikecam oleh penentangnya sebagai penangkapan ikan komersial.

“Pekan ini, saat satu bagian pemerintah Jepang dengan bangga memfasilitasi kerja sama internasional dengan menjadi tuan rumah pertemuan G20, satu bagian lain secara diam-diam melepaskan dirinya dari kewajiban kerja sama global mengenai perlindungan dan penanganan ikan paus di dunia,” kata Presiden Humane Society International, Kitty Block, dalam satu pernyataan.

Loading...
;

Berita  tekait : Ini penyebab kematian paus abu-abu di West Coast

Rusia bebaskan paus hasil tangkapan

Prancis tandatangani deklarasi lindungi populasi ikan Paus Pasifik

Ia menyebutkan Jepang keluar dari IWA dan membangkang terhadap hukum internasional untuk memburu ambisi penangkapan ikan paus komersialnya. “Ini adalah pengkhianatan, memburuk dan lamur …,” kata Block, dikutip Reuters.

Baca juga : Penelitian kesehatan hiu paus pertama di dunia

Repatriasi gigi paus ke Fiji

Block dan pegiat lain, termasuk ahli antropologi Jane Goodall, menyerukan campur tangan penangkapan ikan paus internasional dilancarkan dalam pertemuan di Kota Osaka, Jepang Barat.

Dorongan itu dibuktikan dengan surat yang telah dikirim kepada semua pemimpin G20 untuk mendesak mereka agar memberitahu Jepang itu bertentangan dengan dunia dan menyerukan diakhirinya penangkapan ikan paus komersial.

“Para pemimpin dunia yang bertemu di Jepang pekan ini tak boleh menutup mata pada serangan kejam yang direncanakan terhadap ikan paus di Pasifik Utara,” kata Block menegaskan. (*)

Editor : Edi Faisol

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top