Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pedagang Pasar Hamadi mengeluh harga kulakan gula pasir naik

Seorang pedagang di Pasar Hamadi menimbang gula pasir – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Para pedagang kebutuhan pokok di Pasar Hamadi, Kota Jayapura, Papua, mengeluhkan kenaikan harga kulakan gula pasir yang harus mereka bayarkan kepada distributor dari luar Papua. Harga jual gula pasir di Pasar Hamadi pun naik pada kisaran Rp13 ribu per kilogram

Salah satu pedagang gula pasir di Pasar Hamadi, Haris, menuturkan harga kulakan dari distributor gula pasir di Surabaya telah naik sejak dua pekan lalu. “Harga kulakan gula pasir per karung ukuran 50 kilogram naik dari Rp540 ribu menjadi Rp600 ribu. Kalau mendekati bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri, biasanya harga kulakan memang naik,” kata Haris saat ditemui di tokonya di Pasar Hamadi, Selasa (5/3/19).

Pedagang yang lain, Ipul juga menyebutkan harga kulakan gula pasirnya naik dari Rp535 ribu menjadi Rp550 ribu per karung ukuran 50 kilogram. “Harga gula pasir akan naik terus kalau mau lebaran. Mungkin karena stoknya sudah mulai terbatas. Saya berharap nanti naiknya tidak signifikan, kasihan juga nanti pembeli kalau harga gula pasir mahal,” tuturnya.

Harga jual gula pasir di Pasar Hamadi mulan mulai merangkak naik menjadi Rp12 ribu hingga Rp13 ribu per kilogram. Menurut Ipul, akibat naiknya harga gula pasir pembeli terpaksa membatasi pembelian gula pasir di tokonya. “Bila harga normal satu pembeli bisa membeli 10 kilogram gula pasir, sejak naik mereka. hanya membeli 5 kilogram saja,” kata Ipul, Selasa.

Loading...
;

Salah satu pembeli, Amelia Waromi menginginkan agar pemerintah kembali mengadakan operasi pasar khususnya gula pasir karena harganya sudah semakin melonjak. “Kalau harga gula pasir naik, saya khawatir harga makanan dan minuman juga ikut naik. Pemerintah harus memperhatikan masyarakat. Pemerintah seharusnya melakukan operasi pasar setiap bulan,” tutur Waromi, Selasa.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top