Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pelabuhan Kelapa Lima segera dioperasikan

 

Sularso – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke bakal mengoperasikan Pelabuhan Pelayaran Tradisional Kelapa Lima. Pengoperasiannya menggantikan Pelabuhan Pintu Air di Kelurahan Maro.

“Kondisi pelabuhan lama (Pintu Air) sudah tidak memungkinkan lagi dioperasikan untuk melayani aktivitas bongkar-muat dan pelayaran ke daerah pedalaman. Banyak kayu (di dermaga) mulai rusak sehingga mengganggu aktivitas (bongkar-muat dan pelayaran),” kata Wakil Bupati Sularso, Rabu (13/11/2019).

Pembangunan Pelabuhan Kelapa Lima sudah rampung, tetapi belum diresmikan penggunaannya. Menurut Sularso, pengoperasinya tidak perlu menunggu peresmian karena  banyak kapal yang harus berlabuh di pelabuhan baru.

Loading...
;

Dia melanjutkan Pemkab Merauke tetap akan bekerja sama dengan pihak kesyahbandaran dalam pengoperasian Pelabuhan Kelapa Lima. “Pelabuhan Kelapa Lima dikhususkan bagi kapal berukuran kecil yang biasa beroperasi ke daerah pedalaman. Kapal besar tidak diizinkan masuk (dilayani) karena tempat buat mereka di pelabuhan umum (laut).”

Kondisi kerusakan pada Pelabuhan Pintu Air diakui salah seorang pekerjanya, Yohanes (40 tahun). “Saya mendukung langkah cepat Pemkab Merauke untuk memanfaatkan Pelabuhan Kelapa Lima. Kapal bisa segera berlabuh, dan aktivitas bongkar-muat barang juga dapat berjalan baik.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top