Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pelajar asal Distrik Usilimo masih enggan bersekolah kembali di Wamena

Kunjungan kerja dan tatap muka Bupati Jayawijaya bersama masyarakat Distrik Usilimo. -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Dalam kunjungan kerja Bupati Jayawijaya ke Distrik Usilimo, Senin (2/12/2019), seorang masyarakat yang berkesempatan menyampaikan aspirasinya menyebut jika para pelajar dari distrik tersebut, turut terkena imbas usai kerusuhan Wamena, 23 September 2019.

Menurutnya, masih banyak pelajar di Distrik Usilimo yang masih enggan kembali ke sekolahnya di Wamena.

Saat hal itu dikonfirmasi ke Kepala Distrik Usilimo, Mesak Wantik, ia menyebutkan jika pasca-kejadian di Wamena banyak pelajar yang kembali ke kampung masing-masing, termasuk siswa dari Usilimo.

“Setelah kejadian di Wamena ada banyak pengungsi keluar dan ketika mau kembali masuk ke kota untuk bersekolah mereka masih rasa takut, karena mereka lihat banyak pihak keamanan di kota, padahal sudah dijelaskan juga bahwa pihak keamanan itu tidak akan mengapa-apakan siswa, hanya menjaga keamanan saja,” kata Mesak Wantik kepada wartawan.

Loading...
;

Ia menyebut jika sejauh ini proses belajar mengajar di satu SMP dan tiga SD yang ada di Distrik Usilimo berjalan lancar, dimana guru aktif mengajar dan kehadiran siswa pun seperti biasanya.

“Hanya saja bagi pelajar SMP dan SMA yang sekolah di Wamena masih merasa ketakutan bersekolah ke kota,” katanya.

Sementara itu, Bupati Jayawijaya, Jhon R Banua mengaku jika sekolah-sekolah di distrik rata-rata proses belajarnya berjalan normal. Hanya saja ada beberapa siswa dari Distrik Usilimo yang bersekolah di Wamena, belum kembali ke sana.

“Padahal sudah 95 persen sekolah di kota dibuka dan telah melaksanakan ujian akhir semester. Saya juga sudah jelaskan, jika kehadiran aparat keamanan di kota bukan untuk menakut-nakuti siswa, sehingga kami terus imbau kepada para siswa untuk kembali ke sekolah,” kata Banua.

Ia pun menyebut masih lima persen siswa yang belum kembali bersekolah, dan bagi yang belum sempat mengikuti ujian akhir semester akan dilakukan ujian susulan pada Januari 2020 nanti.

“Saya harap para siswa khususnya di Distrik Usilimo ini tidak perlu takut untuk kembali ke sekolah,” kata bupati. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top