Pelajar SMA dan SMK se Distrik Abepura ikut pelatihan jurnalistik Jubi

Pelajar SMA dan SMK se Distrik Abepura ikut pelatihan jurnalistik Jubi

Pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Jubi di SMKN II, Kota Jayapura – Jubi/Jean Bisay

Jayapura, Jubi – Jubi kembali menyelenggarakan pelatihan jurnalistik dasar bagi pelajar bertajuk Journalist goes to school, 2019. Sebanyak 15 pelajar dari Sekolah Menengah Atas di sekitar Distrik Abepura, Kota Jayapura ikut berpartisipasi. Masing-masing sekolah, yakni SMA Muhamadiyah Abepura, SMA Negeri 1 Abepura, SMA Katolik Taruna Dharma dan SMK Negeri 2 Kotaraja mengirim empat murid. Pelatihan ini berlangsung dari 20 Maret sampai dengan 23 Maret 2019.

“Saya melihat pelatihan ini penting untuk para siswa belajar menulis dan mempraktekan pelajaran bahasa Indonesia mereka kepada public,”kata Riskyfitri guru bahasa Indonesia SMK Negeri 2 Abepura kepada Jubi di sela-sela pelatihan, Rabu (20/3/2019) di aula SMK Negeri II, Kotaraja Kota Jayapura.

Dia menambahkan  pelatihan ini bisa memberikan para pelajar ruang mempraktekan materi pelajaran menulis dan wawancara yang pernah mereka pelajari saat masih kelas X semester pertama, sehingga pelatihan ini membuka jalan bagi mereka mengembangkan keahlian menulis.

“Saya berterima kasih kepada Jubi telah memberikan ruang dan waktu kepada anak-anak sekolah SMA agar mereka juga memiliki kemampuan menulis guna menghindari berita atau informasi berita bohong,” katanya.

Hal senada juga dikatakan pelajar kelas XI SMK Negeri 2, Juli Ehaa. Ia sangat senang ikut dalam pelatihan dan berharap kemampuan menulisnya bisa lebih baik lagi.

“Saya baru pertama kali ikut pelatihan ini,” kata Juli Ehaa.

Janet Renyaan pelajar SMA Katolik Taruna Dharma juga senang ikut pelatihan ini. Ia mengaku sebelumnya tak mengetahui apa itu jurnalistik dan akhirnya mulai memahami ketika menerima materi pelatihan yang  diberikan redaktur olahraga Jubi, Jean Bisay.

“Saya baru paham apa itu jurnalistik setelah ikut pelatihan ini, padahal saya ada kegiatan lain di sekolah,” kata Janet, Wakil Ketua OSIS SMA Katolik Taruna Dharma.

Adapun materi yang diberikan tim journalis Jubi dalam pelatihan Journalis goes to school meliputi pengertian jurnalistik, kode etik, bahasa Indonesia dalam jurnalistik, apa itu berita dan feature dan sebagainya. (*)

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)