Pelaksanaan tugas di perairan tak ada kapling kapling

Pelaksanaan tugas di perairan tak ada kapling kapling

Mantan Kasat Polair Polres Merauke, AKP Sakka, foto bersama isteri dan anaknya – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Mantan Kasat Polair yang  akan menempati jabatan baru sebagai Kasi Sidik Subdit Gakkum Dit Polairud Polda Papua, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sakka, mengatakan dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab di perairan, tak ada kapling-kapling. Sejumlah institusi yang dibentuk negara, wajib bertanggung jawab terhadap keamanan perairan.

Hal ini disampaikan Sakka kepada sejumlah wartawan usai serah terima jabatan  oleh Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung, kepada pejabat baru, AKP Micha Toding, di aula Polres setempat, Rabu (15/5/2019).

“Terima kasih untuk dukungan semua pihak, karena selama kurang lebih lima tahun menjabat sebagai Kasat Polair Polres Merauke, semua berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

Meskipun anggotanya selama ini hanya berjumlah 24 orang dan masih kurangnya sarana pendukung melakukan tugas patroli, namun tak ada hambatan besar dihadapi. Karena koordinasi dari pintu ke pintu dengan instansi lain terus dibangun.

Dikatakan, masih ada beberapa pekerjana rumah ditinggalkan, terutama berkaitan dengan pembinaan terhadap masyarakat yang perlu dijalankan secara terus menerus.

“Saya berharap Kasat Polair yang baru dapat melanjutkan dengan melakukan pembinaan terhadap masyarakat baik di pinggir pantai maupun pengusaha kapal,” pintanya.

Dengan adanya moratorium, jelas dia, pemerintah berkeinginan perairan Indonesia dikuasai nelayan Indonesia bukan pihak asing.

“Lalu harapannya adalah masyarakat menjadi mampu dan sejahtera,” ujarnya.

Sakka berpesan agar Kasat Polair yang baru dapat mengarahkan pengusaha kapal agar mengurus semua dokumen dengan baik.

“Kurang lebih ada 700 kapal nelayan dan secara kontinu dilakukan pembinaan. Sehingga dari jumlah itu, sekitar 600 mengurus izinnya. Hanya tersisa sekitar 100 yang belum. Mudah-mudahan sisanya secepatnya didorong mengurus,” pintanya.

Ditanya soal pendekatan dan komunikasi yang dibangun baik selama ini bersama masyarakat, Sakka mengatakan itu merupakan salah satu tugas yang dilaksanakan.

“Tentunya Pak Kasat Polair baru, pasti memiliki program yang tentunya akan dijalankan juga,” ujarnya.

Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung, memberikan apresiasi kepada Mantan Kasat Polair,  AKP Sakka, karena selama lima tahun lebih melaksanakan tugas, selalu mengutamakan soliditas baik di internal maupun eksternal.

“Koordinasi dan komunikasi dilakukan secara baik dalam bidang perairan ketika menjabat. Ini adalah hal positif yang sangat membanggakan dan diharapkan kasat baru dapat meneruskan,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)