Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pelantikan bupati Biak Numfor ditunda

Ilustrasi pelantikan – IST

Jayapura, Jubi – Pelantikan Bupati terpilih Biak Numfor Herry Ario Naap yang rencananya akan digelar  hari ini, Senin (11/3/2019), akhirnya harus ditunda. Pasalnya,  Pemerintah provinsi Papua belum menerima surat keputusan tentang pelantikan dari Menteri Dalam Negeri.

Asisten Bidang Pemerintahan Papua Doren Wakerkwa, mengatakan sampai hari ini pemerintah provinsi masih menunggu surat resmi dari Mendagri, jika sudah ada prosesi pengambilan dan sumpah jabatan Bupati Biak periode 2019-2024 sudah dilakukan.

“Jika sudah mendapat SK, kami akan segera mengundang Forkompimda Biak untuk menyiapkan segala sesuatu perihal pelantikan bupati,” kata Wakerkwa, di Jayapura, Senin (11/3/2019).

Dengan tertundanya pelantikan ini, dirinya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Biak Numfor, sekaligus meminta masyarakat untuk bersabar hingga surat resmi dari Mendagri diberikan.

“Bupati Biak pasti dilantik. Untuk itu, kami minta masyarakat bersabar,” ucapnya.

Loading...
;

Secara terpisah, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar Baharuddin, menyarankan agar pelantikan Bupati Biak Numfor terpilih periode 2019-2024 Hery Naap dilaksanakan pada 14 Maret 2019, mengingat akhir masa jabatan bupati 13 Maret 2019.

Terkait ini, ujar ia, pihaknya sudah menjelaskan dan meminta Gubernur Papua untuk tidak melantik Bupati terpilih Biak Numfor pada 11 Maret 2019, karena masa jabatan bupati belum habis.

“Kami menyarankan pelantikan pada 14 Maret 2019. Sebab, sesuai dengan undang-undang pemerintah daerah, masa jabatan kepala daerah adalah lima tahun, sehingga tidak dapat dikurangi atau ditambah satu hari pun,” kata Bahtiar melalui pesan singkatnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top