Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pelantikan DPRD Mimika, Tunggu Keputusan Kapolri

Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa - Jubi/Alex
Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa mengatakan untuk pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika masih menunggu keputusan Kapolri Badrodin Haiti.

“Soal ini saya melihat penetapan KPU yang salah, akhirnya terlalu banyak SK yang bermunculan sehingga membuat ada kelompok-kelompok. Akhirnya masing-masing berjuang dengan SK masing-masing,” kata Doren Wakerkwa, di Jayapura, Minggu (2/8/2015).

Oleh sebab itu, ujar ia, saat ini Pemerintah Kabupaten Mimika sedang melakukan upaya hukum ke Kapolri, dan menunggu apa yang akan diputuskan.

“Kemarin KPU provinsi sudah melakukan sidang pleno dan SK yang disetujui oleh KPU dan Bawaslu RI itu adalah SK 17, nah berdasarkan surat yang diterima, KPU melakukan pleno dan dalam hasil pleno mengeluarkan SK nomor 1. Namun ketika kembali ke Mimika, kelompok yang satu gugat SK nomor 1 itu, sedangkan KPU dan Bawaslu RI tetapkan SK 17. Itu yang membuat keputusan itu digugat,” katanya.

Menanggapi itu, kata Doren, ada baiknya semua pihak menunggu apa keputusan Kapolri, dan dalam hal ini pemeritah provinsi tidak bisa intervensi dalam rangka pelantikan dan lain-lainnya.

“Pemerintah provinsi akan mengeluarkan surat keputusan setelah finalisasi terjadi, kemudian bupati mengusulkan hasil tersebut ke provinsi dan gubernur akan keluarkan SK pelantikan anggota DPRD terpilih,” ucapnya.

Loading...
;

Sebelumnya, Salah satu Caleg terpilih DPRD Mimika dari parta Gerindra, Elminus B Mom mengatakan pihaknya mendesak pelantikannya bersama 34 anggota terpilih DPRD Mimika dilakukan secepat mungkin. Katanya, semua sudah sesuai aturan, tak ada lagi masalah. SK nomor 20 yang dikeluarkan KPUD Mimika lalu sah, karena SK itu berdasarkan berita acara pleno penetapan yang ditandatangani 35 Caleg terpilih Mimika pada 25 Mei 2014 lalu.

“Sebenarnya tak ada masalah, tapi ada kepentingan mencari kursi. Kami kini sedang tunggu pelantikan. Sengketa sudah selesai. Kami ingin pekan ini, atau paling lambat pekan depan sudah dilantik. Kalau tak ada DPRD siapa yang akan mengawasi program pemerintah,” kata Elminus B Mom di Polda Papua, Rabu (4/3/2015). (Alexander Loen)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top