Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pelindo IV siapkan Rp89,75 miliar untuk menambah fasilitas Pelabuhan Merauke

Foto ilustrasi, peti kemas. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Senin – Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV, Persero akan menanam modal senilai Rp89,75 miliar untuk pengembangan industri perikanan di Pelabuhan Merauke, Papua, pada 2020. Rencana itu disampaikan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV, Farid Padang melalui siara pers tertulis di Makassar, Senin (13/1/2020).

Farid Padang menyatakan modal senilai Rp89,75 miliar akan digunakan untuk pembangunan container yard (CY) atau lapangan peti kemas. Selain itu, modal itu akan dipakai untuk membangun cold storage (lemari pendingin), pengadaan reefer plug (instalasi untuk mengalirkan listrik ke peti kemas berpendingin), pengadaan alat bongkar muat, pengadaan conveyor (sistem mekanik pemindah barang), dan jalan akses.

Farid mengatakan investasi itu dikucurkan untuk mengoptimalkan ekspor produk perikanan dari Papua. Investasi itu juga akan meningkatkan integrasi antar pelabuhan di Wilayah Papua.

Menurut Farid, sebelumnya PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV telah merevitalisasi Pelabuhan Merauke dengan menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp104 miliar. “Anggaran tersebut digunakan untuk membangun dermaga, juga membangun satu unit pondasi fix crane,” kata Farid.

Anggaran PMN yang dikucurkan pada Desember 2016 itu digunakan untuk pengadaan dua unit fix crane yang meningkatkan kapasitas pelayanan peti kemas hingga 233%. Sejak akhir 2018, volume maksimal pelayanan peti kemas di Pelabuhan Merauke naik dari 30.000 TEUs menjadi 100.000 TEUs per tahun.“Proyek revitalisasi Pelabuhan Merauke itu sudah rampung 100 persen, dan sudah dioperasikan,” tutur Farid.

Loading...
;

Pada 2019, Farid menyatakan Pelindo IV akan mengoptimalisasi pengembangan pelabuhan dengan pembuatan mooring dolphin dan catwalk. Pelindo IV juga melakukan pengerukan di area pelabuhan, dengan volume sebesar 300.000 meter kubik. “Proyek ini sudah dimulai pada tahun lalu dan diharapkan rampung pada 2020,” ujarnya.

Pelabuhan Merauke merupakan satu dari tujuh pelabuhan yang akan ditingkatkan statusnya menjadi pelabuhan petikemas. Pelabuhan itu juga terintegrasi dengan pelabuhan perikanan, dan menjadi tempat konsolidasi ekspor hasil perikanan.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top