Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pelurusan sejarah bagian penting dalam penegakkan HAM

Simbol perdamaian – Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Pemerintah Indonesia harus berani mengakui dan meluruskan sejarah mengenai Papua. Pelurusan sejarah menjadi bagian penting dalam mengurai akar permasalahan di Papua.

“Konflik sosial dan politik telah berlangsung lebih dari 50 tahun di Papua. Makanya, pelurusan sejarah menjadi hal urgent karena merupakan aspirasi politik Rakyat Papua,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari Yan C Warinussy melalui keterangan tertulis, Selasa (10/12/2019).

Pelurusan sejarah itu, di antaranya dalam peristiwa pengesahan Bintang Fajar, dan Hai, Tanahku Papua sebagai Bendera dan Lagu Kebangsaan Papua pada 1961. Kemudian, Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada 1969.

“Semua itu penting diselesaikan (diluruskan) melalui dialog damai Pemerintah Indonesia dengan Rakyat Papua.  Pelurusan sejarah dijamin oleh konstitusi Indonesia bahkan diamanatkan juga dalam Pasal 46 Undang Undang Otonomi Khusus Papua,” jelas Warinussy.

Dia juga mengingatkan janji pemerintah dalam menyelesaikan pelbagai kasus dugaan pelanggaran HAM berat di Papua. Kasus itu, seperti Peristiwa di Wasior 2001, dan Paniai Berdarah 2014.

Loading...
;

“Presiden Jokowi saat perayaan Natal 2014 di Stadion Mandala, Jayapura berjanji menyelesaikan pelanggaran HAM, khususnya Kasus Paniai Berdarah. Namun, hingga kini belum ada kelanjutannya,” kata advokad dan pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) tersebut.

Pemerhati HAM di Nabire Kurios B Duwiri menambahkan Komisi Nasional HAM seharusnya membentuk tim ad hoc untuk untuk menyelidiki pelbagai dugaan pelanggaran HAM di Papua. “Hingga lima tahun, penanganan Kasus Paniai Berdarah belum juga ada perkembangan berarti. Itu padahal menjadi harapan para korban dan Rakyat Papua.  (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top