Pemain sepak bola PON Papua diseleksi pertengahan Maret 2019

Pemain sepak bola PON Papua diseleksi pertengahan Maret 2019

Eduward Ivakdalam saat memaparkan materi di hadapan Asprov PSSI Papua – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Pemusatan latihan atau training centre (TC) bagi para atlet untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang, kemungkinan besar akan berlangsung pada akhir Maret atau awal April mendatang.

Melihat hal tersebut, cabang olahraga (Cabor) sepak bola yang hingga kini belum mendaftarkan atletnya, dipaksa segera membentuk tim sepak bola mengingat pelaksanaan TC telah di depan mata.

Pelatih kepala sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua Eduward Ivakdalam mengatakan hingga kini pihaknya belum melakukan tahapan seleksi terhadap pemain-pemain yang sudah dijaring oleh Asprov PSSI Papua beberapa waktu lalu.

“Tahapan seleksi belum mulai. Saya masih mencari beberapa pemain untuk masuk dalam tahapan seleksi nantinya. Untuk itu saya melakukan pemantauan secara langsung di Turnamen Koteka Cup yang saat ini sedang berjalan,” kata Edu sapaan akrabnya kepada Jubi, Rabu (13/3/2019) di Jayapura.

Menurutnya, masih ada pemain potensial di luar hasil teleskoting atau penjaringan Asprov PSSI Papua lewat Liga 3 serta Persipura U-19.

“Saya hanya melihat pemain-pemain yang klubnya lolos ke babak delapan besar, karena dengan begitu banyak tekanan yang ada untuk para pemain tersebut. Hasil dari teleskoting Asprov yang sudah disiapkan masih ada yang belum terpantau. Sehingga ini juga ajang yang baik untuk kita bisa tambah pemain dari sini, minimal untuk ikut seleksi,” ujarnya.

Legenda hidup Persipura Jayapura tersebut menambahkan bahwa ada beberapa pemain yang memiliki potensi untuk bisa masuk dalam tahap seleksi.

“Saya sudah lihat ada beberapa pemain, tetapi saya akan evaluasi lagi, karena kita juga menggunakan batasan usia,” katanya.

Edu juga menjelaskan jika dirinya akan melakukan pemanggilan pemain hasil teleskoting Asprov pada 15 Maret mendatang.

“Program untuk 3 bulan ke depan sudah diserahkan ke Asprov, kalau dijadwal saya sendiri tanggal 15 nanti, pemain sudah dikumpulkan dan saya akan segera melakukan seleksi untuk melihat kerangka pemain yang akan kita gunakan pada PON XX mendatang,” ujarnya.

Sebelumya, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Kenius Kogoya mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mencanangkan program training centre  atau pemusatan latihan bagi atlet di setiap Cabor.

Namun menurut Kenius, pihaknya masih terkendala pencanangan TC tersebut karena ada beberapa Cabor yang belum memastikan atau memersiapkan atletnya.

“Ada sekitar delapan Cabor yang atletnya belum siap,  termasuk  sepak bola, basket, voli dan beberapa lainnya,” ujarnya.

Untuk itu, Kenius berharap agar persiapan atlet dari masing-masing cabor itu sudah harus rampung, mengingat TC sendiri dijadwalkan akan dicanangkan mulai Maret ini.

“Itu yang harus dipastikan secepatnya agar kita bisa melakukan pencanangan paling lama dalam bulan ini, kalau belum lagi maka pencanangan ini bisa bergeser ke awal April. Tapi intinya kita tetap akan jalankan TC dalam waktu dekat,” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)