Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pembangunan arena hoki di Biak menjawab aspirasi berbagai pihak 

Ilustrasi demo mendesak pembangunan arena hoki di Biak beberapa waktu lalu – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota komisi bidang pendidikan dan olahraga Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Yohanis Ronsumbre menyatakan kepastian pembangunan arena cabang olahraga hoki di Kabupaten Biak Numfor oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe telah menjawab aspirasi berbagai pihak. Sejak awal, para atlet hoki dan warga Biak Numfor telah meminta arena hoki dibangun di Biak.

Lokasi pembangunan arena hoki sempat menjadi polemik, hingga para pengurus Federasi Hoki Indonesia dan para atlet mengancam akan memboikot Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua jika arena hoki tidak dibangun di Biak. Polemik itu berakhir setelah Gubernur Papua Lukas Enembe pada 19 Maret 2019 lalu memastikan pihaknya akan membangun arena hoki di Biak.

Ronsumbre mengapresiasi keputusan Gubernur itu. “Gubernur sudah memastikan arena hoki akan dibangun di Biak. Ini keputusan yang patut diapresiasi,” kata Ronsumbre kepada Jubi, Jumat (3/5/2019).

Permintaan agar arena hoki dibangun di Biak dinilai wajar, karena semua atlet dari cabang olahraga itu berdomisili di Biak, dan kebanyakan dari mereka berstatus pelajar. “Kalau dibangun di Biak, setelah PON selesai arena itu tetap dapat digunakan para atlet, karena mereka memang berdomisili di Biak. Kalau dibangun di Kabupaten Jayapura, arena itu malah bisa terbengkalai setelah PON selesai,” ujarnya.

Loading...
;

Sementara itu, sekretaris komisi bidang pendidikan dan olahraga Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Natan Pahabol mengatakan perencanaan pembangunan berbagai arena PON harus memperhitungkan teknis perawatan arena pasca PON.  “Saya pikir itu juga perlu menjadi pertimbangan. Bagaimana perawatannya dan apakah setelah PON berbagai arena itu akan tetap digunakan,” kata Natan Pahabol.

Dalam pelantikan Bupati Biak Numfor di Biak pada 19 Maret 2019, Gubernur Papua Lukas Enembe mengumumkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan membangun arena hoki PON XX di Biak. Hal itu disampaikan Enembe untuk memenuhi tuntutan para atlet hoki yang seluruhnya berasal dari Biak.

Arena hoki PON di Biak dengan Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah Pemprov Papua. Di pihak lain, pemerintah pusat tetap akan membangun arena hoki di Doyo, Kabupaten Jayapura dengan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pembangunan arena hoki PON di Doyo tidak dapat dibatalkan, karena ditetapkan dalam Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua.

“Memang seharusnya arena hoki PON dibangun di Biak, karena atletnya di sana. Ini kelalaian pimpinan dinas sebelumnya. Makanya saya sampai marah-marah,” kata Enembe kala itu. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G  

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top