Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pembangunan Mako Brimob di Jayawijaya terkendala lahan dan personel

Ilustrasi personel brimob. -Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Markas Komando (Mako) Brimob yang direncanakan dibangun di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, masih terkendala lahan dan personel.

Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Godhelp Mansnembra di Wamena, mengatakan selain itu pembangunan Mako Brimob masih butuh koordinasi dengan Kapolres Jayawijaya.

“Ini kita bukan bangun markas yang besar. Hanya setingkat kompi saja dulu, namun mungkin yang pertama akan didirikan adalah pos, karena kendalanya kita harus mencari personel untuk ditempatkan di sini,” katanya, di Wamena, Rabu (22/1/2020).

Saat ini sudah ada Detasemen D di Jayawijaya dengan jumlah personel 171. Rencananya jumlah personel akan ditambah hingga 400.

“Di sini memang satu Detasemen namun kalau anggotanya 400 lebih, itu tidak semuanya di Jayawijaya. Jadi nanti dibagi-bagi ke daerah lain seperti Kabupaten Merauke, Mapi dan Wamena,” katanya.

Jika sudah tersedia lahan maka pembangunan markas komando yang hanya setingkat kompi itu dilakukan tahun depan.

Loading...
;

“Untuk sarana pendukung seperti kendaraan kami sudah punya, namun mengingat masalah BBM dan perawatannya di Wamena yang masih sangat mahal, sehingga kita masih menunda dulu dan menunggu hingga ada ketersediaan lahan barulah dipenuhi dengan kendaraan operasional,” katanya.

Wakil Bupati Jayawijaya, Marthin Yogobi, mengatakan dari pertemuan bersama Dansat tidak ada pembicaraan terkait pembangunan Mako Brimob. Tetapi pemkab telah memfasilitasi pembentukan pos brimob di beberapa titik untuk mendukung situasi kamtibmas.

“Dari pertemuan dengan Dansat Brimob, belum ada pembahasan terkait rencana penambahan pasukan di wilayah Jayawijaya,” katanya.

Marthin mengatakan kunjungan kerja Dansat Brimob ke Jayawijaya juga untuk mengecek persiapan pelantikan anggota DPRD yang direncanakan Kamis, (23/1/2020).

“Kekuatan anggota brimob di Jayawijaya cukup untuk mengamankan jalannya pelantikan,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top