Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pembangunan Pasar Youtefa baru terus dikebut

Pembangunan Pasar Youtefa baru terus dikebut agar pasar itu bisa digunakan Agustus 2019 – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Pembangunan Pasar Youtefa baru di Jalan Kantor Otonom Kotaraja, Kota Jayapura, Papua terus dikebut Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura. Lokasi baru bagi Pasar Regional Youtefa itu diharapkan bisa ditempati para pedagang dari Kota Jayapura dan kabupaten sekitarnya pada Agustus 2019.

Bangunan pasar yang sedang dibangun adalah los pasar yang akan diperuntukkan 300 mama dari Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom untuk berjualan komoditas hasil pertanian. Kepala Dinas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L. N. Awi mengatakan los dan sejumlah fasilitas awal Pasar Youtefa baru itu dibangun dengan anggaran Rp6 miliar.

Pasar Youtefa baru itu dibangun di lokasi yang berjarak 500 meter arah utara dari pasar Youtefa saat ini. Pembangunan Pasar Youtefa yang baru diharapkan bebas banjir, pedagang tertata dengan rapi, bersih dan nyaman. “Kalau pengoperasiannya kami yakin Agustus tahun ini bisa sesuai target rencana kami. Ada beberapa blok yang sudah siap, yaitu blok pasar mama-mama Papua,” kata Awi di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (25/3/19).

Selain merampungkan lantai los pasar ikan dan daging yang belum dikeramik, Pemerintah Kota Jayapura juga tengah merampungkan pembangunan pos jaga retribusi, pos keamanan, pagar kompleks pasar, drainase, serta jembatan.

Loading...
;

Pada tahapan pembangunan berikutnya, Pemerintah Kota Jayapura akan membangun kios bagi para pedagang bahan kebutuhan pokok dan pakaian. Total luasan komplek Pasar Youtefa baru itu mencapai 5 hektar. Total nilai anggaran untuk bangunan pasar tahap selanjutnya mencapai Rp21 miliar.

Seorang penjual pinang di Pasar Induk Regional Youtefa, Miriam Tabuni berharap pembanguan Pasar Youtefa baru itu cepat selesai. Saat ini, para mama penjual komoditas hasil pertanian dan perkebunan berjualan di Pasar Youtefa lama tidak memiliki tempat yang memadai, sehingga terkena terik matahari, kehujanan, dan kerap terkena banjir.

“Semoga pasar yang baru ini pembeli lebih banyak lagi karena bersih, nyaman dan tertata rapi. Kalau bisa dijaga dengan baik sehingga tidak kotor dan bau busuk. Pemerintah juga harus menertibkan orang mabuk dan jubi,” jelasnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top